Selain Sensasi Dingin, Inilah 5 Manfaat Es Batu

July 19, 2019 | Kaifia

Es batu merupakan bantuan handal ketika anda alami otot keseleo atau tertarik. Selain dapat memberikan sensasi menyegarkan di minuman anda, es batu juga mampu menyembuhkan beberapa penyakit seperti memar, keseleo dan nyeri otot. Mungkin anda takjub dengan benda cair berbentuk kubus padat ini yang termasuk murah, efektif dan bebas bahan kimia untuk kesehatan.

Es batu juga bisa digunakan untuk memulihkan cedera otot seperti Tendinitis dan Sindrom Iliotibilal Band. namun proses pengaplikasian es pada tubuh hanya untuk menahan rasa sakit. Es batu biasanya digunakan untuk cedera akut yang masih segar, seperti ketegangan otot, memar parah dan semacamnya.

Simakl 5 manfaat es batu berikut ini.

Meningkatkan kualitas tidur 

Kekurangan tidur dan rusaknya siklus tidur telah menjadi masalah yang biasa. Menurut pengobatan tiongkok, titik Feng Fu membantu meningkatkan kualitas tidur anda. Letakkan es batu  di titik Feng Fu dan gosok dengan lembut di tubuh anda.


Mencerahkan kulit

Pernahkah kulit anda terasa kusam dan berminyak walaupun segala macam produk kecantikan sudah anda coba? Tenang saja untuk para wanita karena ada cara yang lebih relatif dan mudah yaitu dengan mengompres es batu ke wajah, biarkan 5 hingga 10 detik sampai mengering.  Es batu tersebut akan meningkatkan sirkulasi darah dan wajah anda akan kembali bersinar cerah seperti yang anda harapkan.

Mengecilkan perut anda

YesDok Ads

Letakkan kompres es diatas perut anda selama 15 menit. Angkat selama 3 menit dan lakukanlah selama 1 jam. Es akan mengubah sel lemak putih menjadi sel lemak cokelat yang dapat dibakar dengan proses metabolisme. Tetapi harus ingat: tip ini akan memberikan hasil terbaik jika dipadukan dengan diet sehat dan olahraga teratur.

Meringankan rasa sakit 

Salah satu manfaat es batu yang paling efektif adalah meringankan rasa sakit. Baik itu kram otot atau gigitan nyamuk. Es batu dapat membantu menghilangkan rasa sakit karena es batu meningkatkan sirkulasi darah dan meringankan peredangan.

Menghilangkan jerawat

Terapi es adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah jerawat. 

Cuci wajah anda, lilitkan es batu dengan kain atau serbet, tekan secara lembut pada jerawat selama 3 hingga 5 menit. Hasilnya pun akan mengejutkan anda.

(Foto: Marshable.com)

YesDok Ads