0 Point
Selain Musik, 4 Jenis Suara Bisa Bikin Cepat Tidur

Selain Musik, 4 Jenis Suara Bisa Bikin Cepat Tidur

Terkadang seseorang yang susah tidur akan kebingungan menemukan cara agar dapat tertidur dengan cepat. Kesulitan tidur adalah hal yang menyiksa dan sangat menguras tenaga. Bahkan bila terjadi secara terus menerus dapat menyebabkan masalah kesehatan. Salah satu cara agar Anda dapat cepat tidur yaitu mendengarkan suara, bukan hanya musik atau lagu tetapi beberapa suara yang dapat membantu Anda terlelap.

Selama ini kebanyakan orang memancing rasa kantuk dengan mendengarkan musik atau lagu pengantar tidur. Biasanya musik yang dipilih untuk menemani tidur adalah musik akustik atau musik dengan tempo yang lambat. Hal ini tidaklah salah, bahkan cara tersebut memang sudah terbukti ampuh untuk membuat Anda mengantuk.

Namun, yang wajib Anda tahu selain musik ada pula jenis suara yang bisa membuat Anda cepat tidur. Berikut ini jenis suara atau bunyi yang dapat membuat Anda tidur menjadi lebih cepat:

White noise

White noise merupakan jenis bunyi yang dihasilkan dari kombinasi frekuensi suara yang dapat menutup kebisingan lain dari luar. Jenis suara white ini sering digunakan untuk membantu para penderita insomnia agar cepat tidur dan meningkatkan kualitas tidur.  Jenis suara white noise ini meliputi suara hairdryer, suara statis televisi, penyejuk ruangan, suara deburan ombak, suara jangkrik, 

Black noise

Selain white noise, ada juga black noise yang dapat membantu Anda cepat terlelap. Black noise adalah gambaran keheningan total di lingkungan sekitar. Jadi, berbanding terbalik dengan white noise, black noise menandakan tidak adanya suara sama sekali. Black noise akan sangat sulit ditemukan jika Anda tinggal di kota besar.

Suara hujan

Suara hujan atau suara gemericik air sebenarnya sangat ampuh sebagai obat tidur alami.  Suara hujan atau gemericik air ini termasuk dalam jenis white noise. Sebaiknya saat mendengarkan white noise ini harus disamakan dengan suara berisik lainnya. Jadi, jangan heran ya kalau Anda mendengar suara hujan atau air tiba-tiba Anda mengantuk.

Suara alam

Sebenarnya suara alam ini terdiri dari jenis bunyi yaitu kicauan burung, bunyi hewan lainnya yang ada di hutan serta suara gulungan ombak. Suara alam dapat membantu Anda mengantuk karena memberikan kenyaman efek dari naik turunnya volume serta intensitas suara yang dihasilkan oleh suara alam. Sehingga Anda akan merasa lebih rileks saat mendengarnya.

(Foto: unsplash)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok