Selain Meredakan Asma, Ini Manfaat Berenang Lainnya

August 09, 2019 | Kaifia

Anda mungkin pernah mendengar bahwa para ahli merekomendasikan orang dewasa untuk mendapatkan 150 menit atau minimal 75 menit aktivitas fisik setiap minggunya. Berenang adalah cara terbaik bagi seluruh tubuh dan terutama sistem kardiovaskular untuk berfungsi dengan baik. Satu jam berenang membakar kalori hampir sama dengan berlari.

Ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dari berenang secara rutin. 

Meningkatkan kualitas tidur

Berenang memiliki kemampuan untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Berenang dapat dilakukan dan diterapkan dalam pola hidup sehat oleh banyak orang yang memiliki masalah fisik dan kurang tertarik dengan olahraga seperti jogging bisa membuat berenang menjadi pilihan yang terbaik untuk orang dewasa yang ingin meningkatkan kualitas tidur mereka.

Membantu meningkatkan suasana hati

Suatu penelitian mengevaluasi sekelompok kecil penderita demensia, dan melihat peningkatan suasana hati setelah berpartisipasi dalam program akuatik 12 minggu. Berenang dan berolahraga akuatik tidak hanya bermanfaat secara psikologis bagi penderita demensia tetapi juga terbukti meningkatkan mood.

YesDok Ads

Meredakan asma 

Lingkungan kolam renang indoor membuat berenang menjadi kegiatan yang bagus untuk penderita asma. Tidak hanya itu, tetapi latihan pernapasan yang terkait dengan olahraga, seperti menahan napas dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru Anda dan mendapatkan kendali atas pernapasan Anda.

Beberapa studi menunjukkan bahwa berenang bisa meningkatkan risiko asma karena bahan kimia yang digunakan untuk merawat kolam. Bicaralah dengan dokter Anda tentang risiko potensial berenang jika Anda menderita penyakit asma, dan, jika mungkin lebih baik berenang di kolam yang menggunakan air garam, bukan klorin.

Membantu memulihkan cedera

Berenang bahkan dapat membantu mengurangi rasa sakit Anda atau meningkatkan pemulihan cedera. Satu studi menunjukkan bahwa orang-orang dengan osteoarthritis melaporkan pemulihan yang signifikan pada nyeri dan kekakuan persendian, dan mengalami masalah fisik yang lebih sedikit setelah terlibat dalam kegiatan seperti berenang dan bersepeda.

(Foto: allseasonspools-spas.com)

YesDok Ads