0 Point
manfaat hobi untuk kesehatan

Selain Menyenangkan, Ini Manfaat Melakukan Hobi untuk Kesehatan

Jika Anda memiliki hobi, Anda mungkin dengan senang hati melakukannya. Hobi memberi Anda kesempatan untuk terlibat dalam aktivitas yang Anda sukai dan mungkin membantu Anda melepaskan beban sehari-hari. 

Hobi Anda bisa apa saja, tetapi hanya sesuatu yang Anda tunggu dengan antusias akan membuat Anda merasa bahagia. Lebih baik lagi, meluangkan waktu untuk menikmati apa yang Anda sukai dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda.

Hobi adalah segala aktivitas yang sering Anda lakukan untuk kesenangan di waktu senggang. Ini dapat mencakup kegiatan kreatif, atletik, dan intelektual.

Orang-orang melakukan berbagai jenis hobi yang menarik bagi mereka, seperti menari, menyanyi, olahraga, berkebun dan lain sebagainya. Yang lain menyukai aktivitas yang lebih tenang seperti meditasi atau menghabiskan waktu lebih dekat dengan alam dengan berjalan-jalan.

Penelitian menunjukkan bahwa ketika Anda meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas yang membuat Anda bahagia, itu membantu meningkatkan kesehatan mental. 

Memberikan waktu berkualitas untuk aktivitas yang Anda nikmati juga membantu kinerja Anda dalam kehidupan profesional Anda. Ini meningkatkan kemampuan pemecahan masalah kreatif dan membantu Anda membangun hubungan yang lebih baik dengan rekan kerja Anda dan membuat Anda lebih berempati.

Meningkatkan Kesejahteraan Secara Keseluruhan

Sebuah penelitian di Selandia Baru menemukan bahwa berpartisipasi dalam kegiatan yang memunculkan sisi kreatif Anda mengarah pada peningkatan rasa sejahtera yang baik untuk Anda dalam jangka panjang. 

Orang-orang yang terlibat dalam penelitian ini merasakan perasaan positif dan semangat setelah beberapa hari melakukan aktivitas kreatif.

Penelitian juga menunjukkan bahwa individu yang secara teratur mengambil cuti untuk hobi mereka cenderung tidak merasa rendah diri atau depresi. Aktivitas seperti itu bisa membuat Anda lebih bahagia dan rileks.

Mengurangi Stres

Melakukan hobi selama waktu luang menurunkan tingkat stres Anda. Penelitian menemukan bahwa orang dewasa yang meluangkan waktu untuk berlatih seni menemukan waktu yang mereka habiskan untuk bersantai, menyenangkan, dan bermanfaat. 

Mereka juga berbagi bahwa sesi tersebut menyebabkan peningkatan keinginan untuk terus meningkatkan keterampilan mereka.

Lebih penting lagi, tingkat kortisol peserta yang mengambil bagian dalam penelitian ini diukur sebelum dan sesudah sesi ini. 

Studi ini menemukan bahwa ada penurunan kadar kortisol yang nyata setelah sesi. Kortisol adalah hormon stres manusia, dan respons stres tubuh Anda terkait dengan lonjakan kadar kortisol.

Bermanfaat bagi Kesehatan Mental

Memiliki hobi mengarah pada peningkatan kesehatan mental. Jika hobi Anda melibatkan aktivitas fisik, itu akan mengurangi stres dan menurunkan tekanan darah dan detak jantung. 

Sebuah studi yang mengukur stres psikologis positif dan negatif menemukan bahwa mereka yang sering meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas santai yang mereka sukai memiliki tekanan darah, lingkar pinggang, dan BMI yang lebih rendah.

Melakukan aktivitas fisik Anda di luar ruangan atau lebih dekat dengan alam memiliki banyak manfaat seperti suasana hati yang lebih baik dan fokus yang lebih baik. Anda dapat mencapai ini dengan menghabiskan hanya 10 menit di luar ruangan.

Studi lain menemukan bahwa mereka yang mengambil bagian dalam aktivitas fisik mengalami lebih sedikit hari dengan kondisi mental yang buruk dibandingkan mereka yang tidak berolahraga.

Sementara itu, menantang otak Anda dengan melakukan aktivitas yang bermanfaat secara intelektual tidak hanya membantu meningkatkan aktivitas otak Anda tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri Anda. 

Meningkatkan Hubungan

Menemukan orang-orang yang berpikiran sama yang menikmati melakukan aktivitas yang sama seperti Anda dapat memberikan manfaat tambahan. 

Penelitian menunjukkan bahwa melakukan aktivitas dalam kelompok seperti olahraga tim atau menjadi sukarelawan membantu meningkatkan keterampilan komunikasi Anda dan membangun hubungan yang sehat dengan orang lain.

Banyak orang mengalami rasa kesepian pada fase yang berbeda dalam hidup mereka. Meskipun perasaan ini tidak terlalu bermasalah, memilikinya untuk waktu yang lama tidak sehat dan dapat menyebabkan kesehatan fisik, mental, dan kognitif yang lebih buruk. 

Ini juga terkait dengan kondisi medis lain seperti obesitas, tekanan darah, dan kolesterol tinggi. Sebuah penelitian menemukan bahwa kurangnya aktivitas sosial untuk durasi yang lama hampir sama buruknya dengan merokok 15 batang sehari.

Salah satu alasan utama mengapa hobi itu penting adalah karena dapat memberikan manfaat dari melakukan kegiatan kelompok, terutama yang Anda sukai. Ini bisa membantu mengatasi rasa kesepian dan juga mengurangi kemungkinan kematian Anda sebanyak 50%.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok