Sexuality
Adult
+1

Selain Kondom, Ini Jenis KB untuk Pria

April 19, 2020 | Aqiyu

pil KB

Alat kontrasepsi adalah alat yang digunakan untuk mencegah terjadinya kehamilan. Banyak factor yang membuat pasangan untuk menggunakan alat kontrasepsi, yaitu menunda kehamilan, belum ingin menambah buah hati dan alasan medis lainnya.

Selama ini, mungkin banyak yang beranggapan bahwa alat kontrasepsi hanya untuk wanita saja. Padahal KB juga ada yang diperuntukkan bagi pria. selain kondom yang paling umum digunakan untuk pria, ada pula jenis alat kontrasepsi lainnya yang aman digunakan untuk pria. adapun jenis KB tersebut antara lain:

Vasektomi

Vasektomi merupakan KB permanen alias sterililasi bagi pria. Metode vasektomi dengan cara memotong saluran berbentuk tabung di dalam skrotum melalui operasi kecil. Sehingga jalan sperma tertutup dan tidak bisa bercampur kembali dengan air mani. Jika pasangan Anda memilih metode ini sebaiknya dipikirkan matang-matang. Karena vasektomi dipilih oleh pasangan yang sudah tidak ingin memiliki keturunan lagi.

Suntik hormon

Suntik hormon belakangan ini tengah dikembangkan sebagai alat KB yang aman bagi pria. Suntik hormon ini berisikan hormon testosteron sintetis dan progestin yang bertujuan untuk menurunkan kadar hormone testosterone pada tubuh pria sehingga menekan pematangan sperma muda. Suntik KB ini harus rutin disuntikkan per  delapan minggu sekali. Injeksi ini sifatnya pun sementara tidak seperti vasektomi yang seumur hidup.

YesDok Ads

Pil KB

Sama halnya denga suntik KB, pil KB juga kini ada diperuntukkab bagi pria. Pil KB bertujuan untuk ntuk mengurangi produksi hormon testosteron dan sperma dan dapat menghambat kecepatan sperma ketika mengejar sel telur. Pil KB ini juga dianjurkan untuk selalu diminum tepat waktu kalau tidak khasiat obat tidak akan bekerja dengan baik. Baik pil dan suntuk KB masih tergolong mahal.

Ejakulasi di luar

Ejakulasi di luar merupakan cara paling murah dan aman karena tidak perlu mengeluarkan biaya apapun dan tidak memengaruhi hormon. Namun, menggunakan cara ini membutuhkan kesadaran penuh antar kedua belah pihak. Dimana saat akan ejakulasi, penis harus segara dikeluarkan dari vagina. Selain itu, mencegah kehamilan dengan cara ini berpeluang hamil lebih besar yaitu 4% ketimbang menggunakan kondom yang hanya 2%.

(Foto:magnetic medicine)

YesDok Ads