Selain Hamil, Ini Penyebab Menstruasi Telat

November 09, 2019 | Aqiyu

Selain Hamil, Ini Penyabab Menstruasi Telat Menstruasi atau haid merupakan siklus rutin yang dialami oleh wanita. Siklus menstruasi yang normal adalah 21-35 hari. Namun sayangnya, banyak wanita yang mengalami menstruasi telat dan kondisi ini berkaitan dengan masalah kesehatan.

Bagi yang sudah berhubungan intim, telatnya menstruasi bisa disebabkan oleh kehamilan. Tapi penyebab menstruasi telat bukan hanya karena hamil, banyak faktor yang memengaruhi telatnya datang bulan. Seperti ketidakseimbangan hormon hingga karena adanya penyakit serius yang diidap.

Berikut penyebab mengapa menstruasi kerap kali telat tidak tepat waktu:

Stres.

Kondisi stres adalah salah satu pemicu yang membuat menstruasi tidak berjalan sesuai dengan siklus. Stres sangat berpengaruh pada hormon, sehingga hormon dalam tubuh tidak stabil dan membuat siklus menstruasi berantakan.

PCOS.

Sindrom ovarium polikistik dapat membuat siklus menstruasi tidak beraturan. PCOS adalah kondisi dimana tubuh memproduksi hormon androgen pria secara berlebihan. Selain itu, kista yang timbul akibat ketidaksimbangan hormon memicu ovulasi tidak teratur dan berhenti.

YesDok Ads

Menyusui.

Bagi ibu menyusui mungkin tidak heran jika siklus menstruasi sering telat. Aktivitas menyusui memang dapat membuat menstruasi tidak teratur. Sehingga bagi ibu yang menyusui di tahun pertama tidak perlu khawatir.

Berat badan.

Berat badan juga berikatan erat dengan siklus menstruasi yang tidak teratur. Baik berat badan rendah atau pun obesitas. Saat kondisi Anda pada berat badan yang rendah, bisa membuat Anda kekurangan esterogen sehingga memengaruhi siklus menstruasi.

Olahraga berlebihan.

Olahraga dapat membuat tubuh bugar dan fit. Namun jika olahraga berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan. Tubuh akan mudah lelah dan aktivitas fisik yang berat dapat meningkatkan risiko menstruasi tidak beraturan. 

(Foto: the independent)

YesDok Ads