Selain Enak dan Mudah Dimasak, Ini Manfaat Sehat Konsumsi Telur

March 02, 2021 | Helmi

telur

Telur merupakan salah satu pilihan bahan makanan sehari-hari yang mudah ditemui. Proses memasaknya pun mudah dan bisa dijadikan beragam menu yang menggugah selera.

Selain enak dan mudah dimasak, telur juga ternyata menawarkan banyak manfaat kesehatan yang bisa dinikmati oleh tubuh. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari konsumsi telur.

Menawarkan Protein Lengkap

Satu telur mengandung 6 gram dengan kesembilan asam amino "esensial", bahan penyusun protein. Itu penting karena tubuh Anda tidak dapat membuatnya sendiri. Putih telur menampung sekitar setengah dari protein itu dan hanya sebagian kecil dari lemak dan kolesterol.

Membantu Kolesterol 'Baik' Anda

Kolesterol "baik" ini, yang disebut HDL, tampaknya meningkat pada orang yang mengonsumsi tiga telur atau lebih sehari. Tentu saja, LDL "buruk" juga ikut naik. Tetapi ini membuat kolesterol buruk dapat bantu dinetralkan oleh kolesterol baik.

Membantu Kontrol Porsi Anda

YesDok Ads

Dengan sekitar 70 kalori per telur, Anda tahu persis apa yang Anda dapatkan. Telur juga mudah disajikan. Tambahkan salad atau beberapa potong roti, Anda mendapatkan menu makanan yang cepat dan sehat.

Menyehatkan Jantung

Orang yang makan lebih banyak telur mampu meminimalisir kemungkinan terkena penyakit jantung. Bahkan orang dengan pra diabetes atau diabetes tipe 2 sama sehatnya dengan jantungnya setelah diet tinggi telur yang dirancang untuk menurunkan berat badan. 

Dalam sebuah penelitian di Tiongkok, orang yang makan sekitar telur sehari hampir 20% lebih kecil kemungkinannya terkena penyakit jantung dibandingkan orang yang tidak makan telur.

Menurunkan Peluang Terkena Stroke

Dalam beberapa penelitian, konsumsi telur harian dapat menurunkan risiko stroke. Dalam sebuah penelitian di China, orang yang mengkonsumsi sekitar satu telur sehari hampir 30% lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal akibat stroke hemoragik.

(Foto: eggs.ca)

YesDok Ads