0 Point
osteoporosis

Sejumlah Penyebab, Gejala dan Cara Menghindari Osteoporosis

Merawat tulang bisa dilakukan sejak dini. Kebiasaan kecil dalam kehidupan sehari-hari dapat memperkuat tulang Anda secara alami dan dapat melindungi Anda dari penyakit seperti osteoporosis. 

Tulang adalah sistem pendukung tubuh yang membawa seluruh berat badan. Ini juga memberi bentuk, melindungi organ, dan bersama-sama membantu kebebasan bergerak dalam tubuh.

Tulang terdiri dari protein yang disebut kolagen, dengan mineral yang disebut kalsium fosfat, dan bertanggung jawab untuk membuat tulang keras dan kuat. Kalsium dan mineral adalah komponen penting tulang yang mulai berkurang seiring bertambahnya usia. 

Secara statistik, wanita lebih rentan terhadap penyakit terkait tulang dibandingkan pria. Jadi, sebagai wanita, Anda perlu merawat tulang dengan lebih baik tanpa memandang usia untuk menghindari masalah di masa depan.

Osteoporosis adalah gangguan terkait tulang yang merusak struktur tulang. Kondisi tersebut menjadi penyebab rendahnya kepadatan mineral tulang yang membuat tulang rapuh dan meningkatkan kemungkinan patah tulang. 

Penyakit tulang dapat terjadi pada siapa saja dan di usia berapa pun. Pada wanita, kondisi ini umum terjadi setelah menopause yang dikenal sebagai osteoporosis pascamenopause.

Beberapa tanda yang dapat meningkatkan kerentanan terkena osteoporosis termasuk:

  • Patah tulang dengan cedera ringan, tulang menjadi rapuh
  • Ketidaknyamanan saat berjalan, menaiki tangga, membungkuk, dan bahkan saat batuk
  • Nyeri terutama, di area tubuh bagian bawah yang mempengaruhi lekukan tulang belakang dan masalah pernapasan
  • Seseorang mungkin juga merasakan nyeri lunak, kelainan bentuk, radang sendi, dan kesulitan dalam melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari
  • Gejala lain mungkin juga termasuk nyeri sendi, nyeri atau kelemahan pada otot, dan gangguan keseimbangan tubuh

Penyebab osteoporosis

Beberapa alasan dapat menyebabkan tulang rusak atau patah. Kondisi tersebut dapat menjadi penyebab kekurangan kalsium, vitamin D, estrogen, atau pola makan yang buruk, yang dapat menyebabkan risiko patah tulang. 

Penting untuk diketahui bahwa penyebab umum osteoporosis adalah karena faktor sekunder. Beberapa penyebab umum adalah: kurangnya aktivitas fisik, ukuran badan, gaya hidup tidak sehat, konsumsi alkohol berlebihan, merokok, diabetes, kekurangan vitamin dan lain sebagainya.

Cara Sederhana Memperkuat Tulang

Bagi Anda yang ingin menghindari osteoporosis, berikut adalah beberapa cara sederhana untuk memperkuat tulang:

1. Kalsium: Diet kaya kalsium seperti susu, produk susu, yogurt, dan makanan kaya kalsium lainnya.

2. Vitamin dan Nutrisi: Kekurangan yang berhubungan dengan vitamin D, K, magnesium mengurangi risiko patah tulang dan meningkatkan kekuatan otot.

3. Gaya Hidup: Kebiasaan sehat, diet, dan olahraga dalam rutinitas harian membantu meningkatkan kepadatan tulang, meningkatkan keseimbangan tubuh, dan meningkatkan kekuatan otot.

4. Hindari konsumsi alkohol yang berlebihan dan berhenti merokok.

5. Konsultasikan dengan dokter sebelum memulai diet yang mencakup gandum, dan makanan gluten lainnya.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok