Sexuality
Adult
+1

Sejumlah Alasan Mengapa Dorongan Seks Anda Begitu Tinggi

July 29, 2021 | Helmi

sex drive

Libido yang tinggi sering dianggap sehat. Namun bagi Anda yang mengalaminya, mungkin Anda bertanya-tanya mengapa gairah seks Anda begitu tinggi atau bisa meningkat tiba-tiba.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa dorongan seks Anda mungkin terasa luar biasa tinggi.

Tingkat hormon Anda berubah

Hormon seks estrogen, progesteron, dan kadar testosteron dapat bervariasi selama hidup Anda. Kondisi ini mempengaruhi dorongan seks Anda.

Bagi wanita, kadar estrogen meningkat sebelum dan selama ovulasi, menyebabkan peningkatan gairah seks. 

Sementara itu, kadar testosteron yang tinggi pada pria telah dikaitkan dengan libido yang lebih tinggi. Tingkat testosteron yang tinggi umum terjadi pada pria dan atlet yang lebih muda yang menggunakan steroid.

Sebuah laporan tahun 2016 menemukan bahwa menjalani terapi estrogen, seperti untuk menopause atau keropos tulang, mungkin menjadi alasan dorongan seks yang lebih tinggi pada wanita. 

Selain itu, jika Anda menggunakan testosteron dengan terapi estrogen dosis rendah untuk tujuan pascamenopause, hal itu juga dapat meningkatkan gairah seks Anda.

Anda sedang mengalami pubertas atau penuaan

Mereka yang lebih muda mungkin memiliki dorongan seks yang lebih tinggi daripada orang dewasa yang lebih tua. Misalnya, produksi testosteron meningkat 10 kali lipat pada remaja laki-laki, yang menjelaskan peningkatan gairah atau minat seks pada periode perkembangan tersebut.

YesDok Ads

Namun, wanita paruh baya mungkin memiliki dorongan seks yang lebih tinggi daripada wanita yang lebih muda. 

Sebuah studi tahun 2010 terhadap wanita dewasa menemukan bahwa orang berusia antara 27 dan 45 tahun lebih cenderung memikirkan aktivitas seksual, kehidupan seks yang lebih aktif, dan fantasi seksual yang lebih intens daripada mereka yang berusia 18 hingga 26 tahun.

Anda lebih banyak berolahraga

Salah satu alasan dorongan seks Anda mungkin lebih tinggi dari biasanya adalah peningkatan aktivitas fisik atau .penurunan berat badan

Sebuah studi kecil tahun 2018 mengungkapkan hubungan positif antara kebugaran fisik dan dorongan seks yang lebih tinggi. Faktanya, para peneliti menemukan bahwa pada wanita, gairah sangat dipengaruhi oleh daya tahan kardiovaskular.

"Aktivitas fisik dapat membuat kita merasa lebih terhubung dengan tubuh kita dan dapat meningkatkan citra diri," kata Kamil Lewis, terapis seks dan hubungan di California Selatan. "Ketika kita merasa baik tentang diri kita sendiri, kita cenderung ingin melakukan hubungan seks berpasangan lebih sering."

Anda tidak stres

Dorongan seks Anda mungkin lebih tinggi dari biasanya karena Anda mengalami lebih sedikit stres. Tingkat stres yang lebih tinggi melepaskan lebih banyak kortisol - hormon pertarungan atau pelarian Anda - yang dapat berdampak negatif pada dorongan seks Anda.

Dalam sebuah penelitian kecil tahun 2008, 30 wanita diukur dorongan seks dan kadar kortisolnya sebelum dan sesudah menonton film erotis. Ditemukan bahwa wanita yang mengalami penurunan kortisol memiliki dorongan seks yang lebih tinggi.

Jika Anda baru-baru ini memperhatikan penurunan tingkat stres Anda, itu mungkin juga menjelaskan peningkatan dorongan seks. "Meskipun seks sangat fisik, itu juga sangat mental dan psikologis," kata Lewis.

YesDok Ads