0 Point
Makan berlebihan

Sehat Pilih Makanan di Hari Lebaran

Idul Fitri adalah Hari Kemenangan bagi umat muslim setelah sebulan penuh berpuasa. Momen Idul Fitri atau Lebaran biasanya banyak dihabiskan dengan bersama keluarga di rumah.

Lebaran di Indonesia banyak menawarkan sejuta tradisi, terutama soal kuliner. Dari opor ayam, rendang, segala yang berbau daging dan rempah menjadi menu wajib lebaran.

Di balik kelezatannya sudah pasti bagai pedang bermata dua bagi pejuang berat badan. Memang tidak ada salahnya mencoba makan makanan tersebut, namun Anda bisa menyisipkan kebiasaan kecil yang baik bagi Anda agar lebih bijak menjaga kesehatan.

1. Perhatikan Asupan Gula

Bisa dibayangkan lebaran akan dihiasi oleh hidangan-hidangan manis. Untuk menjaga dari hidangan-hidangan kurang sehat, Anda dapat mengurangi konsumsi gula harian.

2. Hindari Minuman Berkarbonasi

Idul Fitri atau lebaran umumnya identik dengan minuman manis bersoda. Namun sebagaimana kita tahu minuman tersebut memiliki kalori yang tinggi. Sebagai pengganti yang menyegarkan Anda dapat memilih jus yang menyehatkan pada hidangan Anda.

3. Konsumsi Beras Merah

Anda mungkin tergoda makan makanan mulai dari lontong atau ketupat. Namun soal urusan menyehatkan, nasi merah lebih menyehatkan dan memiliki kandungan serat yang lebih baik bagi Anda.

4. Hindari Nyemil Berlebihan

Kue lebaran yang manis nan gurih memang sayang untuk dilewatkan. Tahukah Anda jika beberapa gram kue lebaran yang manis dan gurih mengandung hingga ratusan kalori? Kue lebaran seperti nastar atau sagu keju mungkin menggoda Anda. Namun bijaklah agar tidak berlebihan dalam mencicipinya.

5. Pilih Daging yang Tepat

Idul Fitri tidak lengkap tanpa berbagai jenis daging. Karena itu, pastikan Anda memilih daging dengan bijak. Jaga asupan kalori Anda tetap sehat, pilihlah beberapa jenis daging kambing atau domba karena mengandung asam lemak yang disebut Conjugated Linoleic Acid (CLA), yang merupakan lemak yang bermanfaat.

Daging kambing kaya akan zat besi, selenium, potasium, kalsium dan vitamin B kompleks. Pastikan juga untuk memilih potongan daging merah tanpa lemak untuk hidangan yang lebih sehat.

(Foto: rogersbh.org)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok