Sehat dan Aman dengan Bersepeda di Masa Pandemi

September 22, 2020 | Iman

Bersepeda

Tren olahraga bersepeda kembali ramai digandrungi, karena banyak orang mulai jenuh berdiam diri dirumah ketika Pembatasan Sosial Berskala Besar diberlakukan. 

Wajib diingat, bersepeda di masa pandemi harus dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat supaya tetap aman untuk Anda dan keluarga. Apa saja yang harus diperhatikan? 

Semua olahraga baik dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh, tergantung dari target apa yang ingin dicapai. Untuk menjaga kebugaran, Anda dapat memilih untuk melakukan olahraga kardio yang bersifat aerobik atau jenis olahraga low impact, seperti bersepeda.

Rutin bersepeda mampu membantu meningkatkan kesehatan jantung, paru-paru, dan sistem peredaran darah di tubuh Anda. Ke depannya, dapat menurunkan risiko terjadinya gangguan jantung dan pembuluh darah. 

Olahraga bersepeda juga merupakan olahraga yang dapat melatih banyak sekali otot tubuh, seperti otot perut, paha, betis, hingga kaki dengan risiko cedera yang rendah. Bersepeda juga mampu membantu tubuh membakar lemak, mencegah obesitas, dan juga meningkatkan stamina.

YesDok Ads

Waktu yang tepat untuk bersepeda

Untuk menjaga kebugaran, Anda dianjurkan untuk berolahraga minimal 2,5 jam dalam waktu seminggu dengan intensitas ringan sampai sedang, bergantung dengan kesanggupan fisik dan kebugaran otot Anda. 

Sebaiknya ketika Anda memulai berolahraga, mulailah dengan intensitas rendah, untuk melatih otot agar terbiasa dengan olahraga ini. Anda dapat memulai dengan beberapa sesi pendek, sekitar 30 menit sebanyak 3-5 kali dalam seminggu. Sesi pendek namun sering akan lebih bermanfaat dibandingkan sesi yang cenderung lebih panjang namun dengan frekuensi yang kurang.

Bersepeda dapat dilakukan pagi atau sore hari. Namun, karena olahraga bersepeda cenderung dilakukan di ruang terbuka, patut dipertimbangkan juga kondisi cuaca di sekitar Anda. 

Bersepeda pada pagi hari mungkin akan lebih baik karena cuaca cenderung lebih segar, dan intensitas sinar matahari belum terlalu tinggi, sehingga radiasi sinar UV dapat Anda hindari.

YesDok Ads