Diet
+1

Sederet Nutrisi untuk Rambut Sehat

September 24, 2020 | Claudia

Salmon

Menjalani diet yang sehat tak hanya membantu Anda mendapatkan berat badan yang ideal. Konsumsi makanan yang sehat juga sangat berpengaruh terhadap penampilan Anda.

Jika Anda mendambakan rambut yang sehat dan indah, maka konsumsi makanan sehat juga sangat membantu Anda untuk mendapatkannya. Terlebih, konsumsi makanan bernutrisi juga membantu Anda terbebas dari masalah kerontokan rambut.

Salah satu nutrisi yang paling berpengaruh terhadap kesehatan rambut adalah asam lemak omega-3. Bahkan, kesehatan kulit dan kuku Anda juga dapat terjaga jika Anda rutin mengonsumsi makanan bernutrisi ini. Lalu, dari mana Anda bisa mendapatkan sumber asam lemak omega-3?

  • Salmon, tuna dan ikan berlemak lainnya
  • Kenari dan almond
  • Minyak biji rami

Selain asam lemak omega-3, macam-macam vitamin seperti vitamin B6, B12 dan asam folat juga sangat berguna untuk menjaga kesehatan rambut Anda. Akan tetapi, nutrisi ini jarang didapatkan bagi mereka yang menjalani gaya hidup vegetarian atau vegan.

YesDok Ads

Pisang, kentang, dan juga bayam, merupakan beberapa contoh makanan sumber vitamin B6. Sementara sumber utama vitamin B12 adalah daging, unggas, ikan dan juga produk susu. Untuk asam folat, Anda bisa mengonsumsi banyak buah dan sayuran segar, terutama jeruk dan tomat, setiap hari untuk memenuhi kebutuhan asam folat harian Anda. Anda juga bisa mendapatkan nutrisi ini lewat produk gandum utuh dan juga biji-bijian.

Protein juga penting untuk menjaga rambut tetap sehat. Daging tanpa lemak seperti ikan dan dada ayam, telur dan produk kedelai merupakan sumber terbaik untuk mendapatkan protein.

Selain itu beberapa mineral seperti besi, magnesium, zinc, dan biotin juga dapat menyehatkan rambut. Memang, ada beberapa faktor seperti faktor genetik yang juga memainkan peran dalam kebotakan dini, baik pada pria dan wanita. Namun, ini bukan berarti Anda tak perlu memikirkan kesehatan rambut. Menjaga tubuh mendapatkan nutrisi yang tepat tentu baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

(Foto: inspiredtaste.net)

YesDok Ads