Sexuality
Adult
+1

Seberapa Sering Sebaiknya Melakukan Hubungan Seks?

May 28, 2021 | Helmi

couples

Pernahkah Anda bertanya-tanya apakah jumlah hubungan seks yang Anda lakukan normal? Sangat wajar untuk memiliki rasa tidak aman tentang seberapa banyak seks yang Anda dan pasangan lakukan. 

Namun, penting untuk diingat bahwa setiap hubungan, dengan kebutuhan seksual yang berbeda. Lebih banyak seks tidak selalu berarti hubungan yang lebih baik. 

Sebaliknya, berfokus pada kualitas seks, hubungan Anda dengan pasangan, dan apa yang terbaik untuk hubungan Anda dapat membuat ikatan Anda lebih kuat.

Tidak ada jawaban yang tepat untuk seberapa sering Anda harus berhubungan seks, hanya apa yang terasa tepat untuk hubungan atau kehidupan seks Anda.

Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam Archives of Sexual Behavior mempelajari perilaku seksual lebih dari 26.000 orang dari tahun 1989 hingga 2014. Ditemukan bahwa rata-rata orang dewasa berhubungan seks 54 kali setahun, atau rata-rata sekitar sekali seminggu.

Ditemukan juga bahwa, untuk pasangan yang sudah menikah, jumlahnya hampir sama - 51 kali setahun. Namun, frekuensinya berubah tergantung usia.

YesDok Ads

Usia 20-an dilaporkan berhubungan seks sekitar 80 kali setahun, sedangkan jumlahnya turun menjadi 20 untuk usia 60-an. Penting juga untuk dicatat bahwa "seks" adalah istilah luas yang mencakup banyak tindakan seksual. Oleh karena itu, definisinya dapat berbeda untuk setiap orang.

Sekali seminggu mungkin rata-rata, tetapi itu tidak berarti jumlah seks yang tepat untuk semua hubungan. 

"Saya telah bekerja dengan pasangan yang akan membantah bahwa sekali seminggu terlalu banyak, dan orang lain yang akan mengatakan itu hampir tidak cukup," kata Stefani Goerlich, seorang ahli terapi seks berlisensi. 

"Meskipun mungkin ada seks 'terlalu sedikit' atau 'terlalu banyak', itu benar-benar subjektif dan bergantung pada pasangan," kata Christene Lozano, seorang terapis keluarga berlisensi. 

Alih-alih mencari aturan yang tidak ada tentang berapa banyak seks yang harus Anda lakukan, dia mengatakan untuk fokus pada hubungan seksual Anda dan apa artinya bagi Anda berdua.

YesDok Ads