Seberapa Efektif Pilates dalam Membantu Penurunan Berat Badan?

August 19, 2022 | Claudia

Pilates

Pilates adalah salah satu pilihan latihan fisik yang dapat membantu menguatkan, membangun otot, dan memperbaiki postur tubuh. Manfaat pilates untuk kesehatan, salah satunya adalah membantu Anda menjaga berat badan yang sehat.

Akan tetapi, pilates mungkin tidak akan seefektif latihan kardio lain dalam membantu Anda menurunkan berat badan. Ini karena pilates hanya membakar sedikit kalori, jika dibandingkan dengan saat Anda melakukan latihan kardio lainnya.

Jadi, jika tujuan Anda memang ingin menurunkan berat badan, cobalah untuk menggabungkan pilates dengan diet sehat dan olahraga lainnya. Anda bisa melakukan pilates dan melakukan latihan kardio lainnya seperti berjalan, berlari, atau bersepeda.

Sementara itu, jumlah kalori yang terbakar saat Anda melakukan pilates sangat tergantung pada berat badan Anda dan tingkat kesulitan saat berlatih pilates.

Untuk seseorang dengan berat badan sekitar 68 kilogram (kg), melakukan pilates mat pada kelas pemula dapat membakar sekitar 175 kalori. Sementara pada kelas lanjutan, 50 menit berlatih pilates dapat membakar sekitar 254 kalori.

YesDok Ads

Jika Anda benar-benar ingin menurunkan berat badan, cobalah lakukan latihan kardio lain di samping pilates. Fokus juga dalam menjalankan diet sehat dengan mengonsumsi makanan berprotein dan sedikit lemak.

Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari pilates jika rutin melakukannya selama 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Anda dapat menurunkan berat badan lebih banyak saat melakukan kelas kombinasi pilates. Lakukanlah beberapa kali dalam seminggu untuk hasil yang terbaik. Menggabungkan pilates dengan latihan kardio dan latihan kekuatan lainnya, ditambah dengan diet sehat bisa menjadi cara yang efektif untuk membentuk otot serta mencapai tujuan penurunan berat badan Anda.

(Foto: afcfitness.com)

YesDok Ads