Sayuran yang Baik Untuk Ginjal Anda

February 09, 2020 | Iman

Sayuran yang baik untuk ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang berfungsi untuk mengeluarkan produk limbah dari darah dan mengatur kadar cairan dalam tubuh. 

Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga agar ginjal tetap berjalan dengan lancar dan sehat, salah satu caranya Anda bisa mengonsumsi berbagai sayuran, karena sayuran diyakini sangat baik untuk ginjal Anda.

Selain itu, anda juga harus Menghindari makanan olahan yang mengandung natrium dan lemak jenuh dalam jumlah banyak. Itu bisa menjadi langkah awal dalam merawat ginjal Anda. 

Berikut daftar sayuran yang bisa anda konsumsi untuk kesehatan ginjal anda.

1. Kubis 

Sayuran ini mengandung phytochemical yang dapat membantu memecah radikal bebas yang dapat merusak tubuh Anda. Selain itu, Kubis juga kaya akan kandungan vitamin K, vitamin C, serat, vitamin B6 dan asam folat yang baik.

2. Paprika Merah

Salah satu jenis paprika ini paprika dikenal sebagai sayuran yang aman bagi ginjal karena adanya kandungan potasium yang rendah.

3. Bawang putih 

Bawang putih banyak kita jumpai sebagai tambahan makanan, namun jangan kesampingkan manfaatnya karena dapat membantu meningkatkan kesehatan ginjal secara keseluruhan lewat sifat diuretiknya yang dapat membantu menghilangkan natrium dan air berlebih dari tubuh Anda.

YesDok Ads

4. Kembang kol 

Salah satu jenis sayuran yang mudah didapat, memiliki manfaat sebagai bahan tambahan dalam makanan yang bagus dimasukkan dalam menu diet anda. Kembang kol mengandung asam folat dan serat sehingga dapat membersihkan ginjal.

5. Bayam 

Sayuran hijau ini merupakan sumber vitamin A yang sangat baik, dimana Vitamin ini diperlukan untuk produksi jaringan epitel yang sehat, serta melapisi tabung penyaringan kecil di dalam ginjal dan saluran kemih.

6. Bawang 

Bawang kaya akan kandungan senyawa belerang dan flavanoid, selain itu bawang juga mengandung quercetin, yaitu salah satu antioksidan kuat yang berfungsi mengurangi risiko penyakit jantung dan melindungi tubuh dari kanker.

7. Ubi Jalar 

Ubi jalar adalah Sumber vitamin A, C, beta-karoten, vitamin B-6, serat dan kalium yang sangat baik. Selain itu, adanya Kandungan kalium dalam ubi jalar dikenal dapat membantu menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh.

(Foto : timesofindia)

YesDok Ads