Saturasi Oksigen Turun? Lakukan Teknik Proning Saat Isoman

July 06, 2021 | Aqiyu

oximeter pulse

Bagi Anda yang sedang menjalankan isolasi mandiri atau isoman, banyak hal yang harus benar-benar diperhatikan. Salah satu yang terpenting adalah kadar oksigen dalam tubuh. Sebab, pasien Covid-19 memiliki batas normal saturasi oksigen.

Untuk mengetahui saturasi oksigen dalam tubuh, Anda yang isoman wajib memiliki oximeter. Saturasi oksigen di dalam darah normalnya 95-100 persen. Sedangkan saturasi oksigen di dalam darah rendah yakni kurang dari 90 persen. Oleh karena itu, untuk berjaga-jaga bagi pasien Covid-19 yang isolasi mandiri wajib juga memiliki tabung oksigen. Namun bila Anda tidak memiliki tabung oksigen, Anda bisa melakukan teknik proning.

Proning atau prone position menjadi salah satu teknik yang dianjurkan dalam penanganan pasien Covid-19 untuk meningkatkan kadar oksigen. Dilansir dari Indian Express, teknik proning mampu meningkatkan ventilasi ke paru-paru dan menjaga unit alveoli (lorong kecil yang berbentuk balon dalam sistem pernapasan) terbuka. Sehingga teknik ini dapat memudahkan pasien Covid-19 untuk bernapas.

YesDok Ads

Adapun teknik proning yang dapat Anda lakukan di rumah adalah sebagai berikut:

  1. Letakkan bantal 1 dibawah leher dengan posisi tengkurap. Lalu letakkan batal lainnya di bawah area panggul dan 1 bantal lagi di bawah kaki. Lakukan dengan durasi selama 30 menit.
  2. Tumpuk 3-4 bantal secara horizontal dan sandarkan punggung seperti posisi setengah duduk dengan kaki lurus ke depan. Untuk posisi ini lakukan selama 30 menit sampai dengan dua jam.
  3. Anda juga bisa melakukannya dengan posisi miring ke kanan atau kiri dengan posisi badan berbaring lurus.

Saat melakukan teknik proning hindari tengkurap selama satu jam setelah makan. Jangan memaksa melakukan proning bila tidak nyaman, lakukan proning selama yang Anda bisa. Untuk posisi bantal juga dapat disesuaikan untuk mengubah area tekanan dan kenyamanan serta Anda tidak boleh mengabaikan bila terdapat luka dan cedera.

Teknik proning ini tidak disarankan dilakukan oleh ibu hamil, pasien dengan kondisi jantung berat dan pasien yang memiliki trombosis vena dalam. Pasien Covid-19 dengan saturasi oksigen rendah tetap membutuhkan tabung oksigen dan penanganan dari rumah sakit. Teknik proning ini hanya membantu sementara waktu.

YesDok Ads