Sarapan Terlalu Siang Dikaitkan dengan Risiko Diabetes Tipe 2

April 02, 2021 | Iman

Diabetes

Sarapan membawa manfaat yang baik bagi tubuh. Sesuai studi baru, makan di pagi hari dikaitkan dengan penurunan resistensi insulin dan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah.

Temuan ini merupakan bagian dari studi tentang puasa, tetapi para ilmuwan menemukan bahwa ada manfaat sarapan lebih awal waktu  meski Anda tidak berpuasa. Studi tersebut mengatakan bahwa orang yang sarapan pagi hari memiliki kadar gula darah yang lebih rendah dan resistensi insulin yang lebih rendah, terlepas dari apakah mereka membatasi asupan makanannya hingga kurang dari 10 jam sehari (puasa intermiten).

Data dari 10.575 orang dewasa Amerika dari survei nasional tentang kesehatan dan gizi dianalisis untuk melihat apakah ada pola antara waktu makan dan kadar gula darah dan insulin.

Ditemukan bahwa puasa intermiten, atau makan selama jendela terbatas 10 jam atau kurang dikaitkan dengan resistensi insulin yang lebih tinggi. Artinya, orang yang berpuasa kurang responsif terhadap insulin, hormon yang mengatur kadar gula darah. Resistensi insulin merupakan faktor risiko untuk mengembangkan diabetes tipe 2.

Namun, ditemukan bahwa orang yang sarapan sebelum jam 8:30 pagi memiliki tingkat resistensi insulin yang lebih rendah, terlepas dari apakah mereka berpuasa atau tidak.

YesDok Ads

Meskipun puasa tampaknya tidak berpengaruh pada kadar gula darah, sarapan lebih awal berpengaruh. Orang yang sarapan sebelum jam 8:30 pagi memiliki kadar gula darah yang lebih rendah, menunjukkan bahwa makan pagi memiliki lebih banyak manfaat metabolik secara keseluruhan.

Jadi, temuan menunjukkan bahwa waktu makan sangat terkait dengan ukuran metabolisme daripada durasi dan mendukung strategi makan dini.

Sarapan tidak selalu merupakan makanan terpenting dalam sehari, tetapi dapat mempermudah Anda untuk menjaga stabilitas energi sepanjang hari.

Yang terbaik adalah memulai hari dengan kombinasi protein, lemak sehat, serat, dan makanan utuh. Anda bisa mengonsumsi yoghurt dengan buah-buahan dan kacang-kacangan atau telur dengan sayuran dan roti gandum untuk memulai hari.

YesDok Ads