Sarapan di Pagi Hari Banyak Manfaat Untuk Tubuh Anda

May 08, 2021 | Kaifia

sarapan

Sarapan mengisi simpanan energi dan nutrisi dalam tubuh Anda. Sarapan juga bisa meningkatkan energi dan kemampuan untuk berkonsentrasi dalam jangka pendek dan membantu pengelolaan berat badan yang lebih baik, mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung dalam jangka panjang.

Terlepas dari manfaat sarapan untuk kesehatan dan kesejahteraan Anda, banyak orang sering melewatkannya, karena berbagai alasan. Alasan mengapa sarapan begitu penting:

Energi

Sumber energi tubuh adalah glukosa. Glukosa dipecah dan diserap dari karbohidrat yang Anda makan. Tubuh menyimpan sebagian besar energi sebagai lemak. Tetapi tubuh Anda juga menyimpan beberapa glukosa sebagai glikogen, sebagian besar di hati Anda, dengan jumlah yang lebih kecil di otot Anda

Di pagi hari, setelah Anda tidak makan selama 12 jam, simpanan glikogen Anda menipis. Setelah semua energi dari simpanan glikogen Anda menipis Anda habis, tubuh Anda mulai memecah asam lemak untuk menghasilkan energi yang dibutuhkannya.Tetapi tanpa karbohidrat, asam lemak hanya teroksidasi sebagian, yang dapat menurunkan tingkat energi Anda.

Melewatkan sarapan tampak seperti cara yang baik untuk mengurangi asupan energi secara keseluruhan. Namun penelitian menunjukkan bahwa meski dengan asupan energi yang lebih tinggi.

YesDok Ads

Sarapan Meningkatkan Kekuatan Otak

Jika Anda tidak sarapan, Anda mungkin merasa sedikit lesu dan kesulitan untuk fokus pada berbagai hal. Ini karena otak Anda belum menerima energi yang dibutuhkan untuk bekerja. Studi menunjukkan bahwa tidak sarapan mempengaruhi kinerja mental Anda, termasuk perhatian, kemampuan berkonsentrasi dan daya ingat.

Vitamin, Mineral dan Nutrisi Penting

Makanan sarapan kaya akan nutrisi utama seperti folat, kalsium, zat besi, vitamin b dan serat. Sarapan menyediakan banyak asupan nutrisi total hari Anda. faktanya, orang yang sarapan pagi lebih cenderung memenuhi asupan vitamin dan mineral harian yang direkomendasikan daripada orang yang tidak.

Sarapan Membantu Anda Mengontrol Berat Badan 

Orang yang rutin sarapan sarapan pagi cenderung tidak kelebihan berat badan atau obesitas. Penelitian sedang berlangsung tentang mengapa ini terjadi. Makan pagi dianggap dapat membantu Anda mengontrol  berat badan karena:

  • Mencegah fluktuasi besar dalam kadar glukosa darah Anda, membantu Anda mengendalikan nafsu makan
  • Sarapan membuat Anda kenyang sebelum Anda benar-benar lapar, Anda cenderung tidak hanya mengambil makanan apa pun yang ada di sekitar saat rasa lapar benar-benar melanda.
YesDok Ads