Salah Bantal Bikin Sakit Leher, Begini Cara Mengatasinya

December 10, 2022 | Aqiyu

Salah Bantal

Anda pernah mengalami sakit leher setelah bagun tidur? Istilah ini dikenal dengan sebutan salah bantal. Salah bantal dapat membuat Anda tidak nyaman karena leher akan terasa sakit dan sangat mengganggu aktivitas. Salah bantal bikin sakit leher begini cara mengatasinya.

Salah bantal merupakan suatu kondisi dimana leher yang kaku dan terasa nyeri setelah bangun tidur. Salah bantal disebabkan oleh posisi tubuh atau bantal yang tidak tepat sehingga otot menjadi tegang. Leher akan menjadi kaku, nyeri dan membuat Anda susah menengok. Umumnya, masalah sakit leher akibat salah bantal ini dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. 

Penyebab sakit leher atau salah bantal ini dipengaruhi oleh banyak factor. Seperti salah posisi tidur, posisi tengkurap dapat meningkatkan risiko nyeri leher saat bangun tidur. Penggunaan bantal yang tidak tepat, kasur atau bantal yang terlalu empuk atau keras, kebiasaan postur yang salah, hingga adanya cedera leher sebelumnya.

Salah bantal ini bisa dicegah dengan cara menjaga postur tubuh yang tegak saat beraktivitas. Seperti dilansir dari Kemenkes, gunakan bantal yang nyaman, tidak terlalu tipis atau keras. Posisi tidur telentang atau miring dan jaga keselarasan antara kepala-leher-tubuh. Serta melakukan olahraga dengan teratur untuk membantu menguatkan otot termasuk otot leher. Olahraga juga dapat membantu memperbaiki postur tubuh Anda. Namun, jika Anda mengalami sakit leher akibat salah bantal, berikut ini tips mengatasi sakit leher akibat salah bantal:

  • Mengompres dengan es batu untuk mengatasi rasa nyeri dan mengurangi pembengkakan pada leher.
  • Pakailah bantal yang nyaman, pastikan posisi bantal tidak terlalu tinggi dan tidak juga terlalu rendah. Buatlah posisi kepala yang nyaman saat Anda tidur.
  • Anda juga bisa melakukan pijatan kecil secara lembut dan perlahan. Gerakkan leher secara perlahan untuk membuat otot yang kaku dan tegang menjadi rileks.
  • Mengistirahatkan leher dengan menghindari aktivitas yang membuat otot leher bekerja lebih berat.
  • Jangan memutarkan dan membunyikan leher karena dapat membuat otot dan saraf leher cedera.

Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda, pada dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: spine surgeon)

YesDok Ads