SAKIT TENGGOROKAN, FARINGITIS?

January 09, 2021 | Dr. Marshell Timotius Handoko, S.Ked

sakit tenggorokan

Keluhan sakit tenggorokan menjadi masalah yang paling sering dikeluhkan sehari-hari. Istilah paling sering digunakan, saya radang tenggorokan. Secara anatomis, yang lebih tepat dimaksud tenggorokan adalah bagian yang disebut faring. Sehingga saat terjadi peradangan pada tenggorokan dengan keluhan sakit atau nyeri, secara medis disebut faringitis.

Faringitis sendiri di definisikan sebagai sebuah keadaan infeksi atau iritasi pada faring atau tonsil (amandel) yang merupakan kelenjar yang terdapat pada area faring (tenggorokan).

Etiologi (Penyebab)

Faringitis biasa disebabkan karena infeksi, paling banyak karena infeksi virus dan jika disebabkan oleh infeksi bakteri paling banyak di sebabkan Group A Streptococci (GAS). Penyebab lain bisa dikarenakan alergi, trauma, toksik, dan keganasan (neoplasia).

Tanda & Gejala (Simptom)

Secara gejala dan pemeriksaan sulit membedakan mana diakibatkan virus dan bakteri, karena memiliki kondisi yang hampir sama: Namun ada beberapa patokan yang bisa menjadi dasar:

  • Anak-anak usia 4-7 tahun lebih sering disebabkan infeksi bakteri 
  • Sakit tenggorokan disertai batuk dan pilek yang konsisten lebih mungkin disebabkan infeksi virus
  • Disertai nyeri kepala lebih mengarah ke adanya infeksi bakteri
  • Disertai keluhan mual juga biasanya mengarah ke infeksi bakteri
  • Riwayat seks orogenital akan lebih mengarah ke infeksi bakteri

 

Kriteria umum faringitis yang disebabkan bakteri Group A Streptococci (GAS):
 

  • Demam
  • Pembengkakan kelenjar di sekitar leher
  • Eksudat di tonsil (amandel)
  • Nyeri tenggorokan tanpa batuk 

 

YesDok Ads

Pada kondisi sakit tenggorokan, anda tidak bisa sekedar mengabaikannya dan beranggapan ini radang tenggorokan biasa. Tentunya jika disebabkan oleh virus, maka akan bisa sembuh sendiri dengan pemulihan daya tahan tubuh. Namun jika disebabkan bakteri maka perlu penggunaan antibiotik dengan tepat. Di indonesia seringkali masih banyak dijumpai penggunaan antibiotik tidak sesuai sehingga menyebabkan kondisi infeksi bakteri berikutnya akan menjadi lebih berat dan parah. Hal ini dikarenakan dimana terjadi resistensi antibiotik dan bakteri penyebab menjadi lebih ganas. 

 

Yang terbaik adalah konsultasikan dengan dokter. Tidak bisa sembarangan minum antibiotik untuk semua keluhan radang tenggorokan atau sakit tenggorokan. Karena dampak dan akibatnya akan lebih fatal pada jangka panjang. 

YesDok Ads