Sakit Pinggang Sebelah Kiri, Ada Apa?

August 30, 2019 | Claudia

Sakit pinggang sering menjadi masalah utama bagi sebagian orang. Jika sakit pinggang tengah menyerang, ini akan menyebabkan ketidaknyamanan yang mengganggu. Sakit pinggang sebelah kiri merupakan salah satu masalah yang juga menyerang banyak orang.

Saat Anda mengalami sakit pinggang sebelah kiri, ini berarti ada suatu masalah terjadi pada organ atau struktur jaringan di sebelah kiri. Tulang yang semakin rapuh akibat penuaan, dan massa otot yang menurun juga menjadi beberapa penyebab timbulnya rasa sakit pada pinggang sebelah kiri.

Ada beberapa penyebab lain yang membuat rasa sakit timbul dari pinggang sebelah kiri Anda, apa saja?

Gangguan ginjal

Ginjal terletak berdekatan dengan pinggang. Oleh karena itu, setiap gangguan yang terjadi pada ginjal seperti infeksi ginjal atau batu ginjal dapat menyebabkan pinggang Anda terasa nyeri. Rasa sakit biasanya muncul di antara tulang rusuk terbawah dan panggul. Jika rasa sakit sudah sangat mengganggu, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Masalah pada organ reproduksi

YesDok Ads

Sakit pinggang sebelah kiri yang terjadi pada perempuan juga bisa disebabkan karena masalah di organ reproduksi. Penyakit seperti endometriosis, kista ovarium juga pertumbuhan jaringan fibroid pada rahim dapat menyebabkan sakit di pinggang sebelah kiri. Kehamilan juga tak jarang menjadi alasan di balik rasa nyeri pada pinggang sebelah kiri.

Otot tegang

Saat melakukan aktivitas fisik berlebihan atau bergerak secara spontan, otot Anda bisa menjadi tegang. Kondisi ini yang kemudian bisa menyebabkan pinggang sebelah kiri Anda terasa sakit. Hal ini karena gerakan tubuh yang terlalu cepat dan mendadak dapat membuat otot dan urat tertarik, kemudian menegang bahkan bisa sobek. Rasa sakit dan kaku pada area pinggang merupakan gejala paling umum untuk kondisi ini. Istirahat yang cukup bisa menyembuhkan, atau Anda juga bisa menjalani fisioterapi.

Cedera fisik

Apakah Anda pernah mengalami suatu kejadian atau kecelakaan yang mengakibatkan kerusakan pada otot dan tulang di sekitar pinggang kiri? Jika ya, maka tak heran jika Anda kerap mengalami rasa sakit pada bagian tubuh ini. Biasanya rasa nyeri akan timbul beberapa saat setelah terjadinya cedera.

(Foto: everydayhealth.com)

YesDok Ads