Sakit Perut Setelah Olahraga, Lazimkah?

September 14, 2019 | Iman

Berolahraga secara teratur tidak diragukan lagi adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan Anda. Kebiasaan positif tersebut bukan hanya baik untuk menurunkan berat badan, tetapi juga mencegah berbagai jenis penyakit dan serta efektif dalam meningkatkan kesehatan. Sayangnya, masih ada saja orang yang mengalami efek samping yang aneh setelah berolahraga meski hanya sebatas sakit pada perut.

 
Walaupun sebagian besar efek sampingnya cenderung aman, namun tetap saja mengkhawatirkan jika hal tersebut berulang. Dilansir Times of India berikut beberapa efek samping terkait lambung yang mungkin dialami setelah berolahraga.


1. Mulas dan refluks

Orang yang menderita penyakit gastroesophageal reflux (GERD) cenderung selalu mengeluh mulas atau sakit perut. Hal ini terjadi karena aliran kandungan asam dari lambung ke kerongkongan. Beberapa latihan dapat memperburuk gejala GERD dan memicu mulas. Kadang-kadang bahkan orang yang tidak menderita GERD sekalipun dapat mengalami sakit maag setelah latihan karena aliran asam. Latihan kardio seperti jogging atau aerobic mengocok cairan di perut Anda yang menyebabkan mulas atau refluks. Bahkan jenis olahraga lain yang menggunakan otot perut bekerja lebih dalam dapat menyebabkan mulas.
 

2. Dehidrasi 

Setelah sesi olahraga yang berat, tubuh akan mengalami dehidrasi karena aktivitas. Tentu ini memperlambat laju makanan melewati tubuh Anda. Gerakan makanan yang lambat di saluran pencernaan berarti membuat tubuh Anda akan menyerap lebih banyak air. Jika Anda amat dehidrasi maka cenderung menderita gangguan pencernaan.

YesDok Ads


3. Perut Kembung

Berolahraga pada perut penuh juga dapat menyebabkan masalah terkait perut. Jika Anda berolahraga segera setelah makan pada jeda yang berdekatan, maka tubuh Anda akan kebingungan. Kebiasaan buruk ini membuat perut terasa berat dan kembung.


Jadi, jangan pernah berolahraga setelah makan berat. Lakukanlah jeda antara dua jam sebelum olahraga jika menginginkan perut Anda tetap kenyang namun nyaman terhadap pencernaan saat berolahraga.

 

(Foto: krenizdravo.com)

YesDok Ads