Sakit Mata Bisa Menular dengan Bertatapan, Benarkah?

July 10, 2022 | Aqiyu

Sakit Mata

Mata merupakan indera penglihatan yang sangat penting bagi manusia. Dengan mata manusia dapat melihat objek yang jauh dan dekat.  Salah satu masalah kesehatan mata adalah sakit mata merah yang sering kali membuat kotoran mata menumpuk, lengket dan menyulitkan untuk membuka mata. Banyak yang mengatakan bahwa sakit mata ini dapat menular ke orang lain. Benarkah begitu?

Sakit mata merah dalam dunia medis disebut juga dengan konjungtivitis. Penyebab sakit mata karena adanya peradangan atau infeksi virus, bakteri,alergi serta jamur pada membran transparan yang melapisi kelopak mata dan menutupi bagian putih di bola mata. Mengutip dari RSUD Tulungagung, penularan sakit mata aini sangat cepat dari satu orang ke orang lain. 

Meskipun bisa menular ke orang lain, namun penularannya tidak secara langsung dari kontak mata atau dengan saling menatap seperti yang selama ini dipercaya oleh masyarakat. Sakit mata dapat menular ke orang lain karena kebersihan diri penderita sakit mata tidak terjaga dengan baik. Dimana penderita menyentuh mata yang sedang sakit lalu bersentuhan dengan orang lain. Hal inilah yang membuat virus atau bakteri cepat berpindah ke orang lain.

YesDok Ads

Biasanya gejala sakit mata ditandai dengan mata merah, perih, gatal hingga penglihatan agak kabur. Supaya mata terhindar dari konjungtivitis, sebaiknya hindari menyentuh mata dengan tangan. Jika ingin menyentuh mata sebaiknya menggunakan tisu, sapu tangan atau tidak secara langsung. Selain itu, hindari meminjamkan barang pribadi ke orang lain dan rajin mencuci tangan sebelum atau setelah memegang sesuatu. Kurangi menggunakan kosmetik yang menggunakan bahan berbahaya untuk mata, rutin membersihkan kacamata dan lensa kontak. Selain konjungtivitis, sakit mata menular lainnya yang wajib Anda ketahui adalah keratokonjungtivitis vernal, keratitis, trachoma, dan endoftalmitis. 

Sedangkan langkah sebagai pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk penderita sakit mata adalah mengompres mata dengan air bersih yang bersuhu ruangan. Mengompres mata ini bisa dilakukan sebanyak dua kali sehari selama 15 menit untuk mengurangi gejala agar tidak semakin memburuk. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan obat-obatan sesuai dengan resep dokter. 

(Foto: healthgrades)

YesDok Ads