Sakit Kepala di Sore Hari, Kenapa?

July 30, 2021 | Claudia

Sakit Kepala

Sakit kepala di sore hari, tidak berbeda dengan jenis sakit kepala lainnya. Sakit kepala jenis apa pun, bisa menyerang di waktu sore hari. Namun, ada juga aktivitas atau hal lain di pagi hari, yang bisa memicu timbulnya sakit kepala di sore hari.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab potensial dari sakit kepala di sore hari:

Dehidrasi

Beberapa orang mengalami sakit kepala karena dehidrasi. Sakit kepala karena dehidrasi dapat terjadi setelah seseorang tidak minum air dalam waktu lama, melewatkan istirahat makan siang, atau minum terlalu banyak kopi tanpa mengimbanginya dengan meminum air putih.

Ketika seseorang mengalami dehidrasi, mereka mungkin juga akan mengalami sejumlah gejala lain selain sakit kepala, seperti:

  • Mulut, bibir, dan tenggorokan kering
  • Urine berwarna gelap, dan jarang buang air kecil
  • Mudah marah

Kelaparan

YesDok Ads

Beberapa orang mengalami sakit kepala saat lapar karena penurunan kadar gula darah. Seseorang yang mengalami sakit kepala karena lapar mungkin juga akan merasa lelah, gemetar, atau pusing. Terkadang, orang dengan sakit kepala karena lapar bisa sampai mengalami pingsan.

Orang yang menjalani pengobatan diabetes mungkin lebih rentan terhadap sakit kepala yang disebabkan oleh rasa lapar. Ini karena beberapa obat diabetes dapat menyebabkan kadar gula darah turun di antara waktu makan.

Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi biasanya tidak menyebabkan sakit kepala. Namun, tekanan darah tinggi yang lebih dari 180/120 mmHg bisa menyebabkan sakit kepala. Tekanan darah tinggi yang menyebabkan sakit kepala merupakan kondisi darurat medis, yang bisa sangat berbahaya terutama bagi wanita hamil. Jika tekanan darah Anda tetap berada pada 180/120 mmHg atau bahkan lebih tinggi, maka segera hubungi dokter atau menuju ke rumah sakit.

(Foto: parade.com)

YesDok Ads