Sakit Kepala dan Sembelit Bersamaan, Apa Sebabnya?

December 01, 2020 | Claudia

Sakit kepala dan sembelit

Sembelit atau konstipasi merupakan suatu kondisi di mana seseorang tidak buang air besar (BAB) dalam waktu yang cukup lama, dan kesulitan mengeluarkan feses yang keras ketika BAB. Seseorang dapat dikatakan sembelit jika ia tidak BAB dalam waktu 3 hari atau lebih, atau ketika ia perlu mengejan sangat keras saat BAB.

Sembelit tak hanya menyebabkan sakit perut dan ketidaknyamanan di perut, sembelit juga bisa menyebabkan kondisi sakit kepala. Penyebab umum dari sakit kepala saat sembelit adalah tidak cukup minum air atau kekurangan nutrisi tertentu. Untuk itu, meminum lebih banyak air dan mengonsumsi serat merupakan salah satu cara terbaik mengatasi gejala sembelit dan sakit kepala.

Jika Anda kerap mengalami sembelit dan sakit kepala secara bersamaan, ini bisa disebabkan akibat kondisi kesehatan jangka panjang, yang memerlukan perawatan medis dan perubahan gaya hidup. Berikut ini merupakan beberapa kondisi yang dapat menyebabkan sembelit dan sakit kepala secara bersamaan:

Dehidrasi

Dehidrasi yang terjadi ketika seseorang kehilangan lebih banyak cairan daripada yang masuk ke dalam tubuh mereka, bisa menyebabkan sembelit dan sakit kepala secara bersamaan. Sembelit juga bisa terjadi akibat mengonsumsi makanan yang sedikit atau malah tidak mengandung serat. Makanan-makanan cepat saji, makanan olahan, makanan tinggi gula, yang dikonsumsi secara berlebih bisa menyebabkan sembelit dan sakit kepala.

Dalam kasus ini, minum lebih banyak cairan dan mengonsumsi makanan yang tinggi serat dapat membantu mengatasi baik sembelit maupun sakit kepala.

Penyakit celiac

Penyakit celiac merupakan salah satu jenis penyakit autoimun. Orang yang menderita penyakit celiac mengalami peradangan usus dan kerusakan akibat konsumsi gluten. Gluten merupakan protein yang terdapat dalam gandum dan produk turunannya. Penyakit celiac merupakan salah satu alasan di balik kondisi sembelit dan sakit kepala yang muncul secara bersamaan.

YesDok Ads

Gangguan mood

Gangguan mood seperti depresi dan kecemasan, dapat memicu timbulnya sakit kepala tegang dan sembelit. Beberapa gejala lain dari gangguan mood antara lain:

  • Mood selalu buruk
  • Perasaan sedih, tidak berharga, atau selalu bersalah
  • Kehilangan minat atau kesenangan dalam beraktivitas
  • Sulit tidur atau terlalu banyak tidur
  • Kelelahan
  • Sulit berpikir, berkonsentrasi, atau membuat keputusan
  • Gerakan dan ucapan menjadi lebih lambat
  • Perubahan nafsu makan
  • Pikiran untuk bunuh diri

Jika gejala-gejala ini kerap Anda alami, maka Anda membutuhkan perawatan medis dengan tenaga profesional sesegera mungkin. Jika tidak, ini bisa berpengaruh terhadap kesehatan fisik Anda.

Fibromyalgia

Fibromyalgia merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan nyeri muskuloskeletal kronis yang meluas. Gejala umum fibromyalgia meliputi:

  • Kelelahan ekstrem
  • Gangguan tidur
  • Masalah pada memori atau ingatan

Beberapa orang yang mengalami fibromyalgia mungkin kerap mengalami migrain atau sakit kepala tegang. Mereka juga mungkin kerap mengalami masalah pencernaan, seperti sembelit, sindrom iritasi usus besar atau penyakit refluks asam.

(Foto: diabetes.co.uk)

YesDok Ads