0 Point
Sakit kepala

Sakit Kepala dan Masalah Penglihatan Jadi Tanda Tumor Otak

Lumrah bagi sebagian orang menjalani kehidupan stres hari-hari. Akibatnya, kita sering mengesampingkan gejala seperti sakit kepala, masalah penglihatan, menyalahkan gaya hidup.

Sayangnya, pengawasan sederhana ini dapat memiliki hasil yang berbahaya. Pada beberapa kasus dikaitkan sebagai tanda tumor otak di mana sel-sel otak berlipat ganda secara tidak normal.

Meskipun tumor otak bukanlah kanker yang sangat umum tetapi penting untuk mengetahui tanda-tanda peringatan untuk memastikan diagnosis dan pengobatan yang lebih cepat. 

“Tengkorak tidak memiliki ruang berlebih untuk apa pun selain otak. Oleh karena itu, saat tumor otak berkembang dan berkembang, mereka menyebabkan tekanan ekstra di ruang tertutup ini,” kata seorang konsultan senior ahli bedah saraf Rumah Sakit Global BGS Gleneagles, Naveen MA.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah beberapa gejala tumor otak yang lebih umum:

1. Kejang

Kejang biasanya berhubungan dengan epilepsi tetapi juga bisa menjadi tanda tumor otak. Bahkan, menurut dokter, hingga 60% pasien tumor otak mengalami kejang. Jika Anda mengalaminya, sebaiknya periksakan ke dokter.

2. Sering sakit kepala di pagi hari

Sakit kepala bisa menjadi gejala yang paling membingungkan karena bisa memiliki beberapa alasan, tetapi jika Anda sering mengalami sakit kepala yang lebih buruk dari biasanya dan tidak ada obat yang dapat meredakan rasa sakit, inilah saatnya untuk berkonsultasi dengan dokter.

3. Perubahan visi

Perubahan mendadak pada penglihatan Anda juga bisa menjadi indikator tumor otak. Jika Anda tiba-tiba melihat hal-hal kabur atau memiliki masalah dengan penglihatan tepi Anda yang memungkinkan Anda untuk melihat hal-hal di sekitar Anda tanpa menoleh, mungkin Anda harus mengunjungi dokter.

4. Bicara cadel

Kabut otak sesekali mungkin normal di mana Anda cenderung merasa tersesat atau kehilangan jejak dari apa yang Anda lakukan. Namun jika Anda tiba-tiba mengalami kesulitan membaca, menulis, atau bicara Anda menjadi tidak jelas, itu mungkin merupakan gejala tumor otak.

5. Perubahan kepribadian

Tetap tidak fokus atau tiba-tiba menjadi agresif adalah tanda-tanda tumor otak yang langka. Anda mungkin mengalami ketidakjelasan atau perubahan kepribadian yang tiba-tiba.

Tumor otak pada anak

“Tumor otak adalah tumor padat paling umum yang menyerang anak-anak dan remaja,” kata Naveen.

Karena lokasinya, beberapa tumor otak anak dan perawatan yang diperlukan dapat menyebabkan gangguan jangka panjang yang signifikan pada fungsi intelektual dan neurologis.

Astrocytoma adalah jenis glioma yang paling umum, terhitung sekitar setengah dari semua tumor otak masa kanak-kanak. Mereka paling sering terjadi pada anak-anak antara usia 5 dan 8. Tingkat astrositoma penting. Perawatan anak akan didasarkan pada apakah tumor tumbuh lambat (tingkat rendah, tingkat 1 atau 2) atau tumbuh cepat (tingkat tinggi, tingkat 3 atau 4). Sebagian besar astrositoma pada anak-anak (80 persen) adalah tingkat rendah.

Terkadang mereka mulai di tulang belakang atau menyebar di sana. Glioma batang otak bisa sangat menantang untuk diobati.

Sebagian besar tumor ini berada di tengah batang otak dan tidak dapat diangkat melalui pembedahan. Oleh karena itu penanganan dini menjadi sangat penting.

(Foto: pixabay)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok