Sakit Gigi di Malam Hari? Ini Cara Redakannya

June 29, 2021 | Claudia

Sakit gigi

Sakit gigi merupakan gangguan yang menyakitkan dan menyebalkan, terutama saat terjadi di malam hari. Sakit gigi di malam hari dapat membuat seseorang kesulitan untuk tidur.

Ada beberapa pengobatan yang bisa membantu Anda terbebas dari sakit gigi di malam hari, sehingga Anda bisa tertidur dengan nyaman dan dapat segera mengunjungi dokter gigi keesokan harinya. Berikut ini merupakan beberapa tips meredakan sakit gigi yang mengganggu di malam hari:

Kompres dingin

Menggunakan kompres dingin dapat membantu meringankan rasa sakit di gigi. Menempelkan kompres dingin pada bagian wajah atau rahang yang sakit dapat membantu menyempitkan pembuluh darah pada area tersebut, sehingga dapat mengurangi rasa sakit dan memungkinkan seseorang untuk tidur.

Balutlah beberapa butir es dengan kain atau handuk bersih. Kemudian, tempelkan kompres es tersebut pada bagian wajah tempat gigi terasa sakit. Anda bisa mengulangi kompresan ini selama beberapa kali hingga rasa sakit mereda.

Tambahkan bantal

YesDok Ads

Menyangga kepala dengan bantal bisa membantu meredakan rasa sakit akibat pengumpulan darah di kepala dan peradangan. Tambahkan satu atau dua bantal untuk menyangga kepala Anda saat tidur, untuk meredakan rasa sakit dan membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Kumur air garam

Berkumur dengan air garam merupakan salah satu pengobatan sederhana untuk mengatasi sakit gigi. Air yang asin merupakan agen antibakteri alami yang dapat mengurangi peradangan. Rutin melakukannya juga bisa membantu melindungi gigi yang rusak dari infeksi. Tak hanya itu, berkumur dengan air garam juga membantu menghilangkan sisa-sisa makanan atau kotoran yang tertinggal di gigi atau gusi.

Teh peppermint

Meminum teh peppermint atau mengisap kantong teh peppermint yang telah diseduh, dapat membantu meredakan rasa sakit akibat sakit gigi. Para peneliti mencatat bahwa peppermint mengandung senyawa antibakteri dan antioksidan yang dapat mencegah infeksi, dan mentol yang memberikan efek mati rasa pada bagian gigi yang sakit.

(Foto: thedentalroom.com)

YesDok Ads