Saat Mata Bengkak, Apa yang Harus Dilakukan?

February 20, 2022 | Claudia

Mata Bengkak

Mata bengkak bisa terjadi pada siapa saja. Kondisi ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan bahkan mengganggu aktivitas seseorang. Penumpukan cairan berlebih pada kelopak mata atau jaringan penghubung yang berada di sekitar mata bisa menjadi salah satu penyebab mata bengkak.

Selain itu, alergi, gigitan serangga, iritasi mata, penyumbatan kelenjar minyak pada mata, kista, dan lain-lain, juga bisa menyebabkan mata Anda menjadi bengkak. Anda harus mencari tahu, apa yang menyebabkan mata Anda menjadi bengkak, untuk kemudian bisa mengambil langkah mengatasinya.

Untuk pertolongan pertama pada mata bengkak, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah, seperti:

YesDok Ads

  • Kompres mata dengan kain halus atau kapas yang telah direndam di dalam air dingin. Alternatif lain, Anda juga bisa menempatkan kantong berisi es selama 15 menit, dan ulangi hal ini selama satu jam sekali.
  • Jika mata mengeluarkan cairan atau sebelumnya terpapar benda asing, bilas segera mata Anda dengan larutan air garam.
  • Jika mengalami kasus seperti kista atau bintitan, kompres hangat mata Anda untuk membantu melancarkan penyumbatan pada kelenjar minyak.
  • Apabila penyebab mata bengkak adalah alergi, Anda dapat menangani masalah ini dengan meneteskan obat tetes mata antihistamin. Jika bertambah parah, konsultasikan hal ini ke dokter.
  • Anda juga bisa menempelkan kantong teh yang sudah basah pada mata yang tertutup. Kafein dalam teh dapat berguna untuk meredakan pembengkakan.
  • Bersihkan mata dengan sampo bayi yang lembut. Usapkan sampo bayi di tangan, kemudian campur sampo dengan air hingga berbusa, bersihkan mata Anda dengan busa ini. Pijatlah mata selama beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih.

Saat mata Anda mendadak bengkak, alih-alih panik, Anda bisa melakukan hal-hal di atas. Akan tetapi, jika mata tetap bengkak dan tak kunjung sembuh, maka sangat disarankan bagi Anda untuk mengonsultasikannya ke dokter dan mendapatkan perawatan medis yang tepat.

(Foto: laduora.com)

YesDok Ads