Saat Alami Cedera, Anda Bisa Lakukan Ini

May 20, 2020 | Claudia

Cedera

Cedera bisa terjadi kapan saja dan tanpa diduga-duga. Jika Anda berpikir bahwa cedera hanya bisa dirasakan oleh seorang atlet, maka Anda salah besar. Bahkan bagi orang-orang yang malas bergerak dan jarang berolahraga pun, cedera juga bisa terjadi.

Pemakaian sepatu hak tinggi merupakan salah satu alasan umum penyebab cedera. Akan tetapi, apapun alasannya cedera tetap saja terasa menyakitkan dan dapat membuat ketidaknyamanan ketika Anda bergerak dan beraktivitas.

Berbagai obat telah tersedia untuk mengatasi cedera ringan. Tapi, jika Anda menginginkan pengobatan yang alami tanpa efek samping berbahaya, maka tips pengobatan cedera ini patut Anda coba di rumah:

Kompres dingin

Memberikan kompres dingin pada bagian tubuh yang cedera dapat sangat baik untuk meredakan rasa sakit. Ini karena kompres dingin dapat membantu menenangkan saraf dan mengurangi peradangan juga pembengkakan akibat cedera secara perlahan. Bungkus beberapa butir es batu ke dalam sebuah kain atau handuk bersih, kemudian letakkan kompres dingin ini pada bagian tubuh yang cedera selama 10-15 menit. Lakukan pengobatan alami ini secara berulang agar pemulihan cedera berlangsung lebih cepat.

Membalut area tubuh yang alami cedera

Salah satu cara efektif untuk penyembuhan cedera adalah dengan membalutnya. Namun, pastikan untuk tidak membalutnya terlalu kencang atau longgar, karena bisa-bisa hal ini justru dapat memperparah kondisi cedera. Jagalah perban sepanjang hari bahkan saat Anda tidur, selanjutnya Anda bisa merasakan sendiri perbedaannya dalam sehari.

YesDok Ads

Menyangga area tubuh yang cedera

Selain membalutnya, menyangga area tubuh yang cedera juga dapat dengan baik meningkatkan efektifitas penyembuhan cedera. Ini karena menyangga area yang cedera dapat meningkatkan sirkulasi darah pada area tubuh yang cedera. Anda bisa mengangkat atau meninggikan posisi tubuh yang cedera untuk merasakan manfaatnya. Hal ini dapat membantu membuang berbagai kotoran yang terkumpul di area tersebut dan memberikan penyembuhan cedera lebih cepat. Kuncinya ialah menjaga area yang terluka, misalnya kaki Anda, tetap terangkat pada permukaan yang lembut, seperti bantal atau tumpukan selimut, untuk tetap memberikan rasa nyaman pada area yang cedera.

Rendam

Jika kaki Anda alami cedera, segera siapkan sebaskom air panas yang telah dicampur dengan beberapa sendok garam. Rendam kaki Anda ke dalam air garam ini selama 20 menit untuk menghilangkan rasa sakit di kaki akibat cedera.

Bergerak

Siapa bilang saat alami cedera Anda harus diam saja agar penyembuhan jerawat berlangsung lebih cepat? Meski di hari-hari awal cedera, rasa sakit yang ditimbulkan lebih besar, kuat, dan intens, sehingga Anda kesulitan bergerak dan membutuhkan istirahat, namun di hari-hari berikutnya Anda harus mencoba bergerak. Anda harus kembali melatih area yang terluka dengan gerakan-gerakan dasar. Tak perlu tergesa-gesa, cukup lakukan secara bertahap dan perlahan, hal ini akan membuat tubuh Anda kembali ke fungsi normal.

(Foto: workpac.com)

YesDok Ads