Diet
+1

Rutinitas Pagi yang Bantu Turunkan Berat Badan

June 04, 2022 | Iman

Minum air putih

Untuk menurunkan berat badan, seseorang harus merencanakan banyak strategi dan melibatkan perubahan gaya hidup. Tanpa perubahan signifikan dalam semua parameter ini, hampir tidak mungkin untuk menurunkan berat badan.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kebiasaan pagi hari seperti bangun pagi dan berolahraga di pagi hari dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Berikut adalah tips yang direkomendasikan ahli dan didukung penelitian yang dapat membantu menurunkan berat badan.

1. Bangun lebih awal

Bangun tidur tidak hanya membantu dalam pengelolaan berat badan, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Untuk bangun lebih awal, Anda juga perlu tidur lebih awal. Ini mengatur siklus tidur Anda yang penting untuk menurunkan berat badan.

Setelah menyelesaikan 8 jam tidur sehari ketika Anda bangun di pagi hari, metabolisme Anda sudah siap untuk hari itu. Bangun lebih awal juga memberi Anda waktu yang cukup untuk merencanakan olahraga, menyiapkan sarapan, dan menyelesaikan tugas penting sebelum memulai hari.

2. Meditasi

Tidak ada cara yang lebih baik untuk memulai hari Anda selain berlatih ketenangan pikiran. Bermeditasi selama 10-15 menit di pagi hari, menenangkan pikiran Anda dan mempersiapkannya untuk hari yang akan datang. Di satu sisi meditasi membantu dalam menyalurkan energi batin Anda menuju produktivitas yang lebih dan hasil yang positif.

Meditasi juga bermanfaat mengurangi stres dan kecemasan, merangsang sistem saraf parasimpatis, mengontrol detak jantung dan meningkatkan aliran darah.

YesDok Ads

3. Minum air hangat

Minum air hangat di pagi hari membuat sistem pencernaan tetap bekerja. Ini meningkatkan metabolisme. Selain melancarkan pencernaan, air hangat juga membantu meredakan hidung tersumbat dan meningkatkan sistem saraf pusat.

4. Makan tinggi protein

Sarapan amat penting untuk memulai hari. Disarankan selalu untuk sarapan kaya protein di pagi hari agar Anda kenyang lebih lama, membantu Anda melakukan olahraga berat, memperbaiki mood, mengatur kadar gula darah, dan secara keseluruhan.

5. Olahraga

Latihan di pagi hari dianggap memberikan hasil yang lebih baik daripada latihan yang dilakukan pada malam hari. Latihan pagi meningkatkan siklus tidur Anda.

Banyak penelitian mengatakan bahwa berolahraga dengan perut kosong membakar lebih banyak lemak. Ini karena ketika Anda berolahraga dengan perut kosong, tubuh Anda harus memanfaatkan simpanan lemak yang sudah ada untuk bahan bakar latihan, daripada menggunakan makanan yang baru saja Anda makan sebagai bahan bakar.

(Foto: pixabay)

YesDok Ads