Rutin Minum Air Putih di Pagi Hari? Dapatkan Manfaat Ini

January 14, 2022 | Claudia

Minum Air

Minum air sangat penting untuk banyak proses dalam tubuh. Ini termasuk mengangkut nutrisi ke sel, mengatur suhu tubuh, dan melumasi sendi.

Minum air di pagi hari akan memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Jika Anda tertarik, berikut merupakan beberapa alasan mengapa Anda harus minum air putih di pagi hari:

Menurunkan berat badan

Thermogenesis adalah produksi panas. Ketika seseorang minum air dingin, thermogenesis terjadi untuk menghangatkan air yang masuk ke dalam tubuh, yang membakar kalori.

Sebuah studi di tahun 2013 mempelajari tentang asupan air dari 50 anak perempuan dengan indeks massa tubuh berkisar antara 25-29,9, yang juga menjalani diet bergizi. Ditemukan bahwa berat badan mereka menurun, setelah mereka meningkatkan asupan air yang diminum rutin tiga kali sehari, selama 8 minggu. Peserta meminum air tersebut sebelum sarapan, makan siang, dan makan malam.

Meningkatkan kesehatan mental

Air dapat berdampak pada kognisi dan kesehatan mental. Bahkan menurut hasil studi di tahun 2016, dehidrasi ringan bisa memiliki efek buruk pada kognisi.

Sebuah ulasan di tahun 2019 melihat efek hidrasi pada kinerja kognitif. Ditemukan bahwa ada tren peningkatan kinerja mental pada peserta studi yang terhidrasi.

YesDok Ads

Meningkatkan suasana hati

Minum air juga dapat memiliki efek positif pada suasana hati seseorang. Sebuah studi di tahun 2014 menemukan bahwa orang yang biasanya minum air dalam jumlah sedikit, bisa memiliki suasana hati yang lebih baik ketika mereka meningkatkan asupan air mereka.

Sebuah studi di tahun 2019 juga menemukan bahwa dehidrasi dapat memengaruhi suasana hati secara negatif, sementara rehidrasi meningkatkan suasana hati dan mengatasi gejala kelelahan.

Baik untuk kulit

Beberapa orang percaya, bahwa peningkatan asupan cairan dapat meningkatkan penampilan dan kesehatan kulit. Sekitar 30% air terkandung di kulit, sehingga menjaga asupan air dapat membuat kulit tetap kenyal, dan meningkatkan elastisitas kulit.

Peningakatan asupan air bisa membawa efek positif pada kulit, yakni kulit tampak lebih terhidrasi.

(Foto: usatoday.com)

YesDok Ads