Diet
+1

Rutin Konsumsi Tomat, Apa Manfaatnya?

January 07, 2022 | Claudia

Tomat

Sukakah Anda mengonsumsi tomat? Tomat merupakan salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi harian. Tomat kaya akan berbagai vitamin, terutama vitamin A, yang dapat memenuhi kebutuhan harian kita.

Kandungan nutrisi dalam tomat memberikan banyak kebaikan untuk tubuh. Kalsium dan likopen dalam tomat disebut dapat membuat tulang lebih sehat dan mencegah osteoporosis.

Selain itu, apa lagi manfaat kesehatan dalam buah tomat?

Mengatasi peradangan dan nyeri sendi

Jus tomat dapat mengurangi kadar faktor nekrosis tumor-alfa di dalam tubuh, yang menjadi salah satu penyebab di balik kondisi peradangan. Mengonsumsi tomat dapat membantu Anda mengurangi rasa sakit akibat peradangan sendi.

Mengontrol asma

Tomat mengandung tinggi likopen dan vitamin A, sehingga bisa membantu mencegah dan mengendalikan asma. Bagi Anda yang memiliki riwayat asma, maka konsumsi harian tomat mungkin membantu.

Menyehatkan mata dan kulit

Kandungan vitamin A dalam tomat sangat baik untuk kesehatan mata dan kulit. Anda perlu mengonsumsi satu buah tomat setiap hari untuk memenuhi kebutuhan dasar vitamin A harian.

Baik untuk tulang

Kandungan kalsium dalam tomat baik untuk tulang dan membantu mencegah osteoporosis. Jika Anda memiliki kondisi tulang yang rapuh dan lemah, maka mengonsumsi cukup tomat setiap hari bisa dilakukan. Likopen yang terkandung dalam tomat juga akan membuat tulang lebih padat.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Selain vitamin A, vitamin C juga tinggi terkandung dalam tomat. Vitamin C dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga Anda tidak rentan terserang penyakit. Makanlah satu buah tomat jika Anda sedang dalam masa pemulihan dari penyakit.

(Foto: treehugger.com)

YesDok Ads