Ruam di Bokong, Apa Penyebabnya?

August 11, 2021 | Claudia

Bokong gatal

Ruam bisa muncul di bagian tubuh mana pun, termasuk bokong. Ruam bisa terasa menyakitkan, atau gatal. Ruam di area bokong tak hanya dapat terjadi pada anak bayi yang masih menggunakan popok, namun juga bisa terjadi pada orang dewasa.

Alergi hingga infeksi menular seksual dapat menyebabkan munculnya ruam di bokong. Beberapa ruam mungkin merespons baik terhadap pengobatan rumahan, namun beberapa kasus ruam lainnya mungkin memerlukan perawatan medis.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab ruam di bokong pada orang dewasa, yakni:

Biang keringat

Biang keringat sering muncul saat cuaca sedang panas. Ini bisa menimbulkan bintik-bintik merah yang terasa panas dan sangat gatal di kulit, termasuk di area bokong.

Kurap

Kurap atau jock itch merupakan infeksi jamur yang dapat menyebabkan ruam merah berbentuk cincin di daerah selangkangan dan bokong. Ruam ini dapat terasa sangat gatal.

Dermatitis kontak

Ruam gatal ini merupakan kondisi peradangan pada kulit yang disebabkan oleh kontak langsung dengan zat atau bahan-bahan yang dapat mengiritasi (iritan).

YesDok Ads

Dermatitis atopik

Dermatitis atopik atau yang juga dikenal dengan eksim dapat menyebabkan kulit kering, bersisik, hingga lepuhan kulit yang cenderung terasa sangat gatal di malam hari.

Psoriasis

Psoriasis merupakan kondisi yang menyebabkan sel-sel kulit menumpuk dan membentuk bercak atau sisik kering yang gatal. Psoriasis dapat terjadi di bagian tubuh mana pun, termasuk bokong.

Jerawat

Jerawat yang muncul di area bokong seringkali berbeda dengan jerawat yang terdapat di bagian tubuh lainnya. Infeksi pada folikel rambut akibat kegiatan mencukur atau terjadinya gesekan dapat menyebabkan jerawat pada area bokong.

Herpes genital

Herpes genital menular melalui virus yang didapat dari hubungan seksual dengan seseorang yang sedang terinfeksi virus tersebut. Herpes genital dapat menyebabkan gejala seperti ruam di sekitar kelamin dan bokong.

(Foto: netdoctor.co.uk)

YesDok Ads