RIsiko Tidur Tanpa Menggunakan Bantal

December 23, 2021 | Kaifia

Tidur

Beberapa orang mungkin merasa lebih nyaman kalau mereka tidur tanpa menggunakan bantal, namun hal ini bukan ide yang baik bagi semua orang. 

Jenis bantal yang digunakan dapat memengaruhi kualitas tidur seseorang. Menggunakannya dalam posisi yang salah dapat menyebabkan kurang tidur dan sakit fisik seperti sakit leher atau punggung. 

Postur tubuh yang buruk sepanjang malam mampu mengganggu kualitas tidur dan bisa menyebabkan nyeri di kemudian harinya. 

Bantal dimaksudkan untuk menjaga tulang belakang Anda dalam posisi netral. Mereka menyelaraskan leher dengan seluruh tubuh. 

Penelitian hanya berfokus pada jenis bantal terbaik untuk postur. Para ilmuwan belum sepenuhnya mempelajari bahwa tidur tanpa memakai bantal secara khusus dapat memengaruhi tulang belakang. 

Tidur tanpa bantal bisa membuat kepala tetap dalam posisi datar. Hal ini dapat mengurangi beberapa tekanan pada leher Anda.

Tapi ini tidak berlaku untuk posisi tidur lainnya. Jika Anda tidur terlentang atau menyamping, tidur tanpa menggunakan bantal cenderung berbahaya. 

YesDok Ads

Risiko

Tidur tanpa bantal dapat membuat beberapa orang tidur dengan posisi tengkurap.

Orang dengan tidur dalam posisi miring atau terlentang biasanya akan mendapati bahwa tidur tanpa bantal bisa memberikan tekanan pada lehernya. 

Hal tersebut memiliki konsekuensi tertentu yang mengganggu kualitas tidur Anda serta menyebabkan rasa sakit atau nyeri di area tubuh terutama leher. 

Dalam posisi lain, tidur tanpa bantal adalah hal yang tidak ideal. Ini menempatkan tulang belakang Anda dalam postur yang tidak wajar dan meregangkan persendian serta otot. 

Meskipun tidur tanpa batal dapat membantu Anda dalam beberapa aspek, penelitian khusus tentang ini masih perlu banyak dilanjutkan. 

Sebaiknya gunakan bantal jika Anda tidur dalam posisi terlentang atau menyamping.

YesDok Ads