0 Point
jogging

Rekomendasi Olahraga yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Jantung Anda adalah otot, dan menjadi lebih kuat dan lebih sehat jika Anda menjalani kehidupan yang aktif. Tidak ada kata terlambat untuk mulai berolahraga. 

Anda tidak harus menjadi seorang atlet. Bahkan berjalan cepat selama 30 menit sehari dapat membuat perbedaan besar. Orang yang tidak berolahraga hampir dua kali lebih mungkin terkena penyakit jantung dibandingkan orang yang aktif.

Olahraga teratur dapat membantu Anda: membakar kalori, menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol "jahat" LDL, dan meningkatkan kolesterol "baik" HDL. Berikut ini adalah rekomendasi olahraga yang baik untuk mendukung kesehatan jantung.

Latihan aerobik (kardio)

Lari, jogging, dan bersepeda adalah beberapa contohnya. Anda bergerak cukup cepat untuk meningkatkan detak jantung dan bernapas lebih keras, tetapi Anda masih dapat berbicara dengan seseorang saat melakukannya. 

Jika Anda memiliki masalah persendian, pilih aktivitas berdampak rendah, seperti berenang atau berjalan.

Peregangan

Anda akan menjadi lebih fleksibel jika melakukan ini beberapa kali seminggu. Lakukan peregangan setelah Anda melakukan pemanasan atau selesai berolahraga. Regangkan dengan lembut tiap bagian tubuh Anda.

Latihan kekuatan

Anda dapat menggunakan beban, alat resistensi, atau berat badan Anda sendiri (yoga, misalnya) untuk ini. Lakukan 2-3 kali seminggu. Biarkan otot Anda pulih selama satu hari di antara sesi.

Olahraga ini dilakukan setidaknya 150 menit seminggu untuk aktivitas intensitas sedang (seperti jalan cepat). Itu berarti sekitar 30 menit sehari setidaknya selama 5 hari dakan seminggu. Jika Anda baru memulai, Anda bisa perlahan-lahan mengembangkannya.

Pada waktunya, Anda dapat membuat latihan Anda lebih lama atau lebih menantang. Lakukan secara bertahap, agar tubuh Anda bisa menyesuaikan.

Saat Anda berolahraga, pertahankan kecepatan Anda selama beberapa menit di awal dan akhir latihan Anda. Dengan begitu, Anda melakukan pemanasan dan pendinginan setiap saat.

Anda tidak harus melakukan hal yang sama persis setiap saat. Lebih menyenangkan jika Anda mengubahnya.

Berhenti dan dapatkan bantuan medis segera jika Anda mengalami nyeri atau tekanan di dada atau bagian atas tubuh Anda, berkeringat dingin, kesulitan bernapas, detak jantung sangat cepat atau tidak merata, atau merasa pusing, atau sangat lelah.

Adalah normal bagi otot Anda untuk sedikit sakit selama satu atau dua hari setelah berolahraga, terutama saat Anda baru berolahraga. Itu memudar saat tubuh Anda terbiasa. 

Jangan lupa untuk memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan memastikan apakah tubuh Anda siap untuk aktivitas olahraga apa pun dan memberi Anda tentang batasan yang Anda harus lakukan selama berolahraga.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok