Rekomendasi Olahraga untuk Penderita Diabetes

December 17, 2022 | Iman

Olahraga untuk Penderita Diabetes

Selain memperhatikan asupan makanan, penderita diabetes juga dianjurkan untuk tetap berolahraga secara rutin. Namun, intensitas dan jenis olahraganya harus disesuaikan dengan kondisi penderita.

Beberapa jenis olahraga untuk penderita diabetes yang aman dilakukan dan dipercaya dapat membantu mengontrol kadar gula darah adalah yoga, senam kaki, dan jalan cepat. 

Ketika melakukan gerakan olahraga, otot akan berkontraksi dengan merangsang mekanisme penggunaan glukosa. Mekanisme tersebut akan mendorong sel-sel tubuh mengambil glukosa dan mengubahnya menjadi energi agar tubuh memiliki tenaga untuk melakukan aktivitas fisik.

Beberapa jenis olahraga untuk penderita diabetes yang aman dilakukan adalah sebagai berikut:

Senam Diabetes

Olahraga untuk penderita diabetes yang pertama adalah senam diabetes. Aktivitas ini berfokus pada gerakan fisik yang disesuaikan dengan irama/musik pengiring. Senam diabetes membantu melancarkan sirkulasi udara dalam tubuh, sehingga meningkatkan metabolisme dan membuat penyerapan insulin bekerja lebih baik.

Gerakan senam diabetes mirip dengan olahraga senam pada umumnya. Di mana setiap gerakannya bermanfaat untuk meregangkan dan merilekskan sendi dan otot.

YesDok Ads

Jalan Cepat

Jalan cepat adalah olahraga untuk penderita diabetes yang cukup ringan dan mudah dilakukan. Jalan cepat merupakan salah satu latihan aerobik yang bermanfaat meningkatkan denyut jantung dan membuat aliran darah lebih lancar.

Saat melakukan jalan cepat, Anda dapat mengatur intensitasnya sesuai dengan kondisi kesehatan serta kemampuan fisik Anda. Bila merasa cukup kuat, Anda dapat mengoptimalkan hasilnya dengan melakukan hiking atau berjalan sambil menanjak.

Yoga

Olahraga untuk penderita diabetes yang selanjutnya adalah yoga. Yoga memiliki gerakan tubuh yang bertujuan membangun kelenturan, keseimbangan, dan kekuatan. Selain baik untuk kesehatan fisik, yoga juga bermanfaat bagi kesehatan mental.

Melakukan yoga dapat membantu penderita diabetes terhindar dari stres, melawan resistensi insulin, memperbaiki fungsi saraf, dan mengontrol kadar gula darah. Penderita diabetes dapat melakukan yoga sesering mungkin sesuai kondisi kesehatannya.

Senam Kaki Diabetes

Jenis olahraga untuk penderita diabetes yang dianjurkan selanjutnya adalah senam kaki. Senam kaki dapat Anda lakukan di mana saja dan kapan saja, baik saat menonton TV, berbaring, atau berdiri. Berikut gerakan yang dapat Anda coba untuk senam kaki:

  • Gerakkan kaki dengan cara mengangkat dan menurunkan kedua tumit secara bergantian, atau dengan memutar pergelangan kaki ke luar dan ke dalam.
  • Lakukan peregangan jari-jari kaki.
  • Mengangkat kaki hingga membentuk sudut 90 derajat kemudian turunkan. Lakukan berulang dan bergantian untuk kedua kaki.

Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads