Rekomendasi Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Ginjal

December 24, 2022 | Aqiyu

Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ penting bagi tubuh. Ginjal memiliki fungsi yang sangat signifikan bagi sistem metabolisme tubuh. Untuk itu, menjaga kesehatan ginjal sangat penting demi menjaga keseimbangan tubuh, Cara menjaga kesehatan ginjal bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi beberapa makanan yang baik dan direkomendasikan untuk kesehatan ginjal

Peran utama ginjal adalah menyaring produk limbah dari darah dan mengeluarkannya melalui urine. Serta ginjal juga berfungsi untuk menyeimbangkan kadar cairan dan elektrolit. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memperhatikan makanan yang baik untuk ginjal. Makanan baik untuk ginjal merupakan asupan yang tidak mengandung natrium atau garam, kalium dan fosfor yang tinggi. 

Melansir dari Journal of Clinical Medicine, adapun untuk orang dewasa asupan natrium yang disarankan adalah kurang dari 2000 mg per hari, kalium kurang dari 2000 mg per hari dan fosfor sekitar 800-1000 mg per hari. Berikut ini rekomendasi makanan yang baik untuk kesehatan ginjal Anda:

Kembang kol

Sayuran kembang kol adalah makanan baik untuk kesehatan ginjal. Sebab, kembang kol merupakan sayuran yang mengandung kalium yang rendah. Jadi, bagi penderita penyakit ginjal bisa mengonsumsi kembang kol dengan sayuran segar lainnya dengan aman. 

Apel

Anda bisa memanfaatkan apel sebagai cemilan sehat untuk menjaga kesehatan ginjal. Apel mengandung serat disebut dengan pektin. Kandungan serat ini diketahui dapat mengurangi risiko kerusakan ginjal. Serta apel adalah buah yang memiliki kandungan kalium yang rendah.

YesDok Ads

Nanas

Selain buah apel, buah nanas juga aman dikonsumsi untuk penderita penyakit ginjal. Salah satu buah tropis ini diketahui memiliki kandungan kalium yang rendah. Menurut data dari U.S Department of Agricultural, dalam 100 gram nanas terkandung 1 mg natrium, 8 mg fosfor dan 109 mg kalium.

Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat diuretic yang dapat membantu menjaga fungsi ginjal dan mampu menghilangkan kandungan natrium yang berlebihan dalam tubuh. Bawang putih juga dapat mengurangi peradangan, melawan infeksi, menurunkan kolesterol. Bawang putih juga dapat menjadi alternatif penyedap makanan atau pengganti garam.

Minyak zaitun

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang bersifat anti radang. Lemak tak jenuh ini sangat sehat dan bebas fosfor yang disarankan untuk menjaga kesehatan ginjal.

Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: help guide)

YesDok Ads