Rekomendasi Makanan untuk Mengurangi Kram saat Menstruasi

June 25, 2022 | Helmi

menstruasi

Menstruasi adalah bagian yang terpisahkan dari para wanita. Mengalami kram saat menstruasi dan nyeri secara teratur dapat mengganggu suasana hati seseorang serta kemampuan mereka untuk beraktivitas dengan baik seperti biasanya. 

Mengalami nyeri haid berdampak buruk pada produktivitas seseorang di tempat kerja, suasana hati, dan banyak faktor lainnya. Selain rutinitas olahraga dan gaya hidup, nyeri haid juga dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. 

Pada artikel ini, kami membahas makanan terbaik untuk dikonsumsi jika Anda ingin mengurangi kram saat menstruasi.

Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau yang bisa Anda konsumei antara lain: bayam, kangkung, brokoli, kol, kembang kol, dan lain sebagainya. Mereka kaya akan kalsium dan magnesium, yang keduanya membantu meredakan nyeri haid.

Makanan yang Mengandung Banyak Air

Kekurangan air dalam tubuh juga dapat menyebabkan dehidrasi dan sakit kepala selama menstruasi. Makan makanan kaya air seperti mentimun, semangka, dan lain sebagainya memastikan tubuh Anda tetap terhidrasi.

YesDok Ads

Ikan

Ikan kaya akan zat besi, protein, asam lemak omega-3, dan lain-lain. Mengkonsumsi semua nutrisi ini membantu mengurangi nyeri haid. Makan makanan kaya omega-3 juga telah terbukti memperbaiki suasana hati.

Kunyit

Kunyit adalah rempah anti-inflamasi penyembuhan yang hebat. Kunyit juga telah terbukti mengurangi kram dan gejala menstruasi lainnya.

Yoghurt

Yogurt adalah makanan yang kaya akan probiotik dan telah terbukti menyehatkan tubuh dan melindungi vagina Anda dari infeksi yang mungkin Anda alami selama siklus menstruasi.

YesDok Ads