Diet
+1

Rekomendasi Makanan Tinggi Vitamin A untuk Ibu Hamil

March 11, 2021 | Claudia

Wortel

Vitamin A juga merupakan nutrisi penting untuk ibu hamil dan bayi yang berada dalam kandungannya. Vitamin A dikaitkan dengan penguatan sistem kekebalan tubuh, perkembangan tulang, peningkatan fungsi organ reproduksi, perkembangan gigi dan rambut, serta perlindungan kulit dan mukosa. Secara keseluruhan, nutrisi penting ini dapat membantu perkembangan normal embrio dan menjaga kesehatan ibu dan bayi yang dikandungnya.

Akan tetapi, menjaga asupan vitamin A perlu diperhatikan. Dosis vitamin A harus dijaga, terutama di trimester awal kehamilan yang dapat menyebabkan komplikasi kehamilan, seperti kelainan bawaan. Jadi, sangat penting bagi ibu hamil untuk memerhatikan asupan vitamin A ke dalam tubuhnya, agar tidak kekurangan maupun kelebihan.

Berikut ini merupakan rekomendasi makanan dengan kandungan vitamin A yang baik untuk ibu hamil:

Susu 

Susu merupakan salah satu sumber vitamin A. Susu juga kaya nutrisi lain seperti kalsium dan vitamin D. Susu membantu perkembangan tulang dan gigi bayi yang sedang tumbuh.

Wortel

YesDok Ads

Dalam wortel, vitamin A hadir dalam bentuk karotenoid (beta-karoten), sejenis pigmen yang memberi warna spesifik pada buah dan sayuran. Saat dikonsumsi, ini akan diubah menjadi retinol selama pencernaan. Wortel kaya akan beta-karoten dan membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan.

Keju

Keju adalah produk hewani lain yang kaya akan vitamin A1, atau juga dikenal sebagai retinol. Jenis keju yang berbeda seperti keju biru, keju krim, keju feta, dan keju kambing mengandung jumlah vitamin A1 yang berbeda-beda. Keju yang terbuat dari 100 persen hewan yang diberi makan rumput mengandung vitamin A yang tinggi.

Kuning telur

Kuning telur kaya akan vitamin A bersama dengan nutrisi lain seperti asam lemak omega-3, folat, vitamin D, dan vitamin B12. Ini membantu dalam perkembangan otak bayi dan juga menyeimbangkan kadar kolesterol pada ibu.

(Foto: almanac.com)

YesDok Ads