Rekomendasi Makanan Sehat untuk Pasangan di Hari Valentine

February 14, 2023 | Iman

makanan sehat valentine

Hari Valentine hampir selalu identik dengan makan malam romantis dengan menu makanan yang mewah. Namun, jarang ada yang memikirkan mengenai makanan sehat valentine.

Jika hal tersebut sudah terlalu sering anda lakukan bersama pasangan, cobalah hal lain yang tidak kalah menunjukkan kasih sayang seperti memasak makanan sehat valentine untuk menemani kencan Anda dengan pasangan.

Memasak sesuatu yang menyehatkan bagi Anda dan orang yang Anda cintai adalah cara yang bagus untuk menunjukkan kepedulian satu sama lain.

Makanan Sehat Valentine

Anda bisa memasak berbagai resep makanan mulai dari cita rasa manis hingga gurih dengan menu bergizi seimbang. Berikut adalah makanan sehat valentine yang bisa Anda siapkan di hari valentine.

1. Oatmeal Cokelat dengan Saus Ceri

Tidak selalu makan malam, berikan pasangan Anda rasa cokelat pertama di pagi hari. Oatmeal dipilih karena respons gula darah dan insulin lebih baik setelah makan biji oat utuh dan berdampak positif pada rasa kenyang, bahkan mungkin menurunkan risiko pengembangan metabolisme. Sementara itu, ceri adalah sumber vitamin C yang penting membantu menciptakan berbagai neurotransmiter dan bertindak sebagai antioksidan untuk membatasi kerusakan sel oksidatif yang dapat membantu memangkas risiko beberapa penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

2. Salad Stroberi Ayam Panggang dengan Cokelat

Cokelat hitam dengan sayuran sama baiknya untuk jantung. Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi cokelat hitam sekitar 1,5 ons (ons) setiap minggu dapat melindungi terhadap masalah kardiovaskular seperti stroke dan serangan jantung. Sedangkan stroberi tidak hanya kaya akan vitamin C, tetapi juga merupakan sumber mangan yang baik, mineral yang digunakan untuk membuat enzim yang terlibat dalam metabolisme.

YesDok Ads

3. Muffin pizza

Membuat Muffin mini adalah cara yang menyenangkan untuk merayakan Valentine bersama seluruh keluarga. Muffin pizza bisa dibuat dari tepung gandum utuh, masukkan beberapa sayuran, dan kurangi kejunya sehingga jauh lebih sehat. Tambahkan juga tomat dalam muffin ini untuk menghasilkan likopen dalam jumlah yang sehat.

4. Kari Salmon dan Sayuran

Ikan salmon banyak mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat bagi jantung. Sebuah studi yang diterbitkan pada April 2021 menemukan bahwa orang yang memiliki kadar asam lemak omega-3 lebih tinggi khususnya, asam eicosapentaenoic dan asam docosahexaenoic, yang ditemukan pada ikan berlemak tertentu seperti salmon memiliki penurunan hingga 18 persen risiko kematian akibat kanker, penyakit kardiovaskular, dan kombinasi penyebab lainnya.

5. Popcorn cokelat

Tidak ada hari cinta yang lengkap tanpa suguhan yang menyenangkan, salah satunya dengan membuat popcorn cokelat. Menu ini sangat cocok untuk Anda dan pasangan sambil menonton film romantis di sofa.

Untuk cokelatnya, Anda bisa menggunakan cokelat hitam dalam jumlah kecil. Popcorn tidak hanya rendah kalori dan sumber serat yang sangat dibutuhkan. Camilan populer ini juga penuh dengan antioksidan kuat yang disebut polifenol.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads