Rekomendasi Makanan Sehat Setelah Lebaran

May 11, 2022 | Helmi

makanan sehat

Perayaan Idul Fitri atau lebaran akhirnya telah selesai. Momen berkumpul bersama keuarga tersebut biasanya diisi dengan mengkonsumsi makanan-makanan khas idul fitri, seperti ketupat, opor dan rendang. Makanan-makanan yang berlemak dan mungkin kurang baik untuk kesehatan.

Setelah mengkonsumsi banyak makanan tersebut, penting untuk menjaga kesehatan dengan kembali memulai pola makan sehat. Berikut ini adalah sejumlah pilihan makanan sehat yang bisa Anda konsumsi setelah lebaran

Makanan dengan Kadar Gula Rendah

Konsumsilah makanan yang mengandung kadar gula rendah. Hindari makanan dengan gula tinggi seperti permen, cokelat, minuman sirup dan lainnya. Menghindari makanan-makanan ini dapat mencegah melonjaknya gula darah yang tentunya dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Hindari Makanan Berminyak

Mengkonsumsi terlalu banyak makanan berminyak dapat merusak lapisan lambung dan juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan. 

Jika Anda tetap ingin makan sesuatu yang berminyak yang terlihat lezat, ambil hanya dalam porsi kecil. 

Makan makanan yang seimbang

Perpaduan protein, karbohidrat, dan sayuran diperlukan untuk diet seimbang. Diet Anda harus mengandung buah-buahan, sayuran, roti, sereal, daging, ikan, susu dan produk olahan susu. 

Makanan dengan Kandungan Air

Makanan yang memiliki kandungan air lebih dapat dicerna dengan cepat. Menjaga tubuh kita terhidrasi juga dapat memastikan kelancaran fungsi sistem tubuh. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan air juga mengembalikan kebutuhan yang hilang selama berpuasa sebulan penuh.

Semoga dengan mengkonsumsi makanan-makanan ini, tubuh akan kembali fit setelah berlebaran. Jika Anda mengalami maslaah kesehatan setelah lebaran, Anda bisa segera berkonsultasi dengan dokter-dokter profesional yang ada di YesDok.

YesDok Ads