Redakan Pilek Anak Secara Alami dengan Bawang Merah

December 18, 2022 | Aqiyu

Redakan Pilek Anak

Musim penghujan telah tiba, ditengah pancaroba atau perubahan cuaca yang mendadak membuat imunitas seseorang menurun. Begitu juga dengan anak-anak yang rentan terkena penyakit. Salah satu penyakit yang paling sering dialami oleh anak saat musim hujan adalah pilek. Bila Anda termasuk orang tua yang memilih pengobatan alami bisa memanfaatkan bawang merah untuk redakan pilek anak.

Pilek termasuk penyakit yang sering mengintai si kecil. Bahkan menurut data kesehatan, bayi dengan daya tahan tubuh yang baik pun bisa mengalami pilek sebanyak 12 kali dalam satu tahun. Hal ini jelas berbeda dengan orang dewasa yang hanya terserang pilek sekitar 2-4 kali dalam setahun. Lalu bagaimana bawang merah bisa membantu mengobati dan redakan pilek anak?

Perlu diketahui bahwa bawang merah mengandung senyawa sulfur yang mampu mengatasi gangguan saluran pernapasan. Dimana kandungan ini dipercaya dapat melegakan tenggorokan dan mampu mencairkan dahak seseorang saat terkena pilek. Selain itu, bawang merah juga mengandung vitamin C, vitamin B6, chromium, quercetin, flavonoid, fiber, calcium dan folic acid.

YesDok Ads

Berikut ini cara mengobati dan redakan pilek anak dengan bawang merah:

  1. Meletakkan irisan bawang merah yang telah dikupas di telapak kaki menggunakan kaos kaki. Dengan cara ini, bau bawang merah dapat menyerap ke tubuh untuk membunuh bakteri.
  2. Bawang adalah bumbu masak, untuk menyiasatinya Anda bisa mencampurkan bawang ke dalam makanan si kecil.
  3. Meletakkan irisan bawang merah yang berada dalam wadah di tempat tidur si kecil. Nyatanya, aroma bawang bisa mencegah bakteri berkembang dan melegakan pernapasan si kecil.
  4. Menggosokkan bawang merah yang telah dikupas ke dada si kecil, setelah itu pastikan bawang merah dibersihkan dengan benar.
  5. Mencampurkan bawang yang sudah diiris tipis dengan minyak telon si kecil lalu oleskan pada dada, punggung, telapak kaki dan kepala.

Nah, cara menggunakan bawang merah untuk meredakan pilek si kecil terbilang mudah bukan? Namun, jika Anda telah mencoba cara tersebut dan pilek si kecil tidak kunjung membaik dan disertai dengan munculnya gejala lain seperti demam, jangan ragu segera periksakan kondisi si kecil ke dokter ya. 

Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan anak Anda dengan dokter spesialis anak di aplikasi YesDok.

YesDok Ads