0 Point
Gusi sakit

Redakan Infeksi di Gusi dengan Bahan Alami Ini

Gusi memiliki tugas yang tak kalah penting dengan gigi kita. Gusi bertugas melindungi dan menopang gigi dan memegangnya sampai ke tulang. Ini berarti perawatan kesehatan mulut tak cukup sampai di gigi saja, namun Anda juga harus mulai memerhatikan kesehatan gusi Anda.

Gusi yang tidak sehat akan menempatkan Anda pada risiko kehilangan gigi. Penyakit gusi dimulai ketika Anda abai terhadap kebersihan area mulut, sehingga menyebabkan penumpukan bakteri di gusi yang kemudian menimbulkan rasa sakit dan peradangan.

Peradangan dan pembengkakan yang terjadi di daerah gusi biasa disebut juga dengan gingivitis. Beberapa gejala yang timbul dari kondisi ini antara lain, kemerahan pada gusi, sariawan, pendarahan saat membersihkan area mulut, garis gusi menyusut, dan bau mulut.

Anda tak boleh menyepelekan gingivitis, kondisi ini harus segera diobati sebelum menjadi kian memburuk. Berikut ini ada beberapa cara alami yang dapat menyehatkan gusi dan menghindarkannya dari berbagai penyakit:

Apel

Makan apel menjadi salah satu cara termudah dan terbaik untuk melawan infeksi termasuk infeksi gusi. Ini karena apel mengandung nutrisi tertentu yang bisa membuat gusi menjadi lebih sehat dan lebih kuat. Makanlah apel setiap hari untuk menjaga kesehatan mulut dan tubuh Anda secara menyeluruh.

Madu

Ingin meredakan infeksi di gusi? Maka salah satu cara terbaiknya adalah dengan memanfaatkan madu. Sifat antibakteri dan antiseptik yang ada dalam madu, membuatnya sangat efektif dalam mengatasi infeksi gusi. Setelah menggosok gigi, usapkan sedikit madu pada area gusi yang bermasalah. Madu dapat diterapkan ke seluruh area mulut untuk memberikan perlindungan ekstra. Namun pastikan, jangan menggunakan madu terlalu banyak.

Kantong teh

Kantong teh bekas atau yang sudah basah mengandung asam tannic yang sangat efektif dalam meredakan infeksi di gusi. Setelah menyeduh kantong teh dalam air mendidih, biarkan kantong teh dingin selama beberapa saat. Tempatkan kantong teh pada bagian gusi yang terinfeksi selama sekitar 5 menit atau lebih. Ini merupakan pengobatan alami yang sederhana namun sangat berkhasiat untuk mencegah infeksi gusi.

Lemon

Lemon mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat membantu dalam meredakan infeksi gusi. Kandungan vitamin C dalam lemon juga bermanfaat untuk melawan segala jenis infeksi di mulut termasuk di gusi. Peras lemon dan tambahkan sedikit garam ke dalam air perasan lemon. Aduk hingga garam tercampur secara merata dan membentuk pasta. Oleskan pasta garam dan lemon ke gigi dan gusi, lalu biarkan selama beberapa menit. Anda bisa kembali berkumur dengan air hingga bersih.

(Foto: apsmilecare.co.uk)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok