Redakan Cegukan dengan Cara Ini!

November 27, 2021 | Claudia

Cegukan

Sering terganggu karena cegukan? Cegukan memang menjadi kondisi yang umum dan menyebalkan, terutama ketika Anda harus berbicara di depan banyak orang. 

Cegukan terjadi ketika diafragma kram atau berkontraksi sebentar saat menutup pita suara, sehingga menimbulkan bunyi dari kerongkongan. Cegukan memang bukan kondisi yang serius, namun saat mengalaminya, tentu akan membuat Anda merasa tidak nyaman.

Jika Anda ingin segera terbebas dari cegukan, maka cara ini bisa diandalkan:

Tahan napas

Cara paling umum dan paling mudah untuk mengendalikan cegukan Anda adalah dengan menahan napas. Mengontrol napas dapat membantu membangun karbon dioksida di paru-paru, yang kemudian dapat membuat diafragma Anda lebih relaks.

Minum air dingin

YesDok Ads

Meminum atau berkumur dengan segelas air dingin dapat membantu mengatasi cegukan. Air membantu menghentikan kejang di diafragma. Jadi, kapan pun Anda cegukan, segera ambil segelas air dingin dan minum segera untuk mengusir cegukan yang datang.

Makan sesuatu yang asam

Memakan sesuatu yang asam seperti cuka atau lemon juga dapat bekerja dengan baik untuk meredakan cegukan. Ambil saja seiris lemon, letakkan di lidah Anda dan hisap. Anda juga bisa menaruh beberapa tetes atau satu sendok teh cuka di lidah Anda untuk menghilangkan cegukan.

Telan satu sendok gula

Menelan sesendok gula juga bisa membantu Anda menghilangkan cegukan. Sesuai penelitian di tahun 1971, satu sendok teh gula menyembuhkan cegukan bagi 19 dari 20 pasien. Ini terjadi karena gula memengaruhi saraf vagus yang terhubung ke otak dan perut.

(Foto: eatthis.com)

YesDok Ads