Redakan Batuk dengan Pengobatan Alami

August 13, 2020 | Claudia

Batuk

Batuk merupakan kondisi yang cukup mengganggu saat kita mengalaminya. Batuk yang terus-terusan datang bahkan bisa membuat kita kelelahan. Biasanya batuk datang saat tubuh kita terserang flu atau pilek. Namun saat ini, batuk juga menjadi salah satu gejala khas dari Covid-19.

Batuk sebenarnya merupakan salah satu bentuk respons tubuh untuk menghilangkan lendir dari paru-paru dan tenggorokan. Saat mendapatkan ancaman, tubuh kita meresponsnya dengan menghasilkan lendir lebih banyak. 

Saat kuman penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh melalui hidung atau mulut, tubuh kita akan mulai memproduksi lebih banyak lendir dengan tujuan untuk mengusir kuman. Sayangnya, kelebihan lendir kadang disimpan di tenggorokan, yang kemudian menyebabkan batuk dengan tujuan untuk menghilangkan dan membersihkan saluran udara agar kita bisa kembali bernapas dengan baik.

Jika batuk berlangsung lama, dan sulit hilang, ada beberapa pengobatan alami yang bisa membantu Anda meredakan batuk. Namun, jika batuk tetap saja tidak sembuh, maka segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan medis terbaik.

Jahe parut

Sudah lama jahe dikenal dapat membantu menenangkan tenggorokan. Sifat anti-inflamasi dan antibakteri dalam jahe, dapat membantu menyembuhkan batuk. Jahe yang dapat menghantarkan rasa hangat dapat membantu melegakan tenggorokan yang teriritasi, yang menjadi salah satu alasan utama timbulnya batuk. Campur 1 sendok makan jahe parut segar dengan madu dan konsumsi sebanyak 3 kali dalam sehari.

Teh jahe, madu, dan lemon

Khasiat yang terkandung dalam jahe dan madu dapat membantu mengeluarkan lendir dan menenangkan tenggorokan yang teriritasi. Buat teh jahe dengan cara, rebus jahe selama beberapa saat kemudian tuang air rebusan jahe ke dalam cangkir. Tambahkan satu sendok teh madu dan beberapa tetes air perasan lemon. Teh ini dapat membantu melegakan tenggorokan Anda sehingga membuat Anda lebih cepat pulih dari batuk.

Anggur

Siapa sangka buah anggur bisa membantu meredakan batuk? Biji buah anggur kaya akan antioksidan dan proanthocyanidins yang dapat membantu membersihkan paru-paru dan mengeluarkan lendir. Segelas jus anggur yang dicampur dengan madu bisa menjadi pengobatan yang diandalkan untuk redakan batuk.

(Foto: nytimes.com)

YesDok Ads