Diet
+1

Redakan Batuk dengan Khasiat Minyak Kelapa dan Madu

May 20, 2020 | Claudia

Batuk

Saat batuk menyerang, rasanya pasti akan tidak nyaman. Batuk memang menjadi kondisi yang cukup umum, akan tetapi saat terserang batuk, tetap saja terasa sangat melelahkan. Ada banyak sekali penyebab kondisi batuk, bahkan batuk menjadi gejala utama dari Covid-19.

Batuk merupakan prosedur tubuh normal yang dilakukan untuk membersihkan tenggorokan dari lendir dan benda-benda asing yang mengiritasi. Meski batuk ternyata memiliki tugas untuk membersihkan saluran udara, tetap saja kehadirannya dapat membuat tidak nyaman.

Asma, bronkitis, bahkan asam lambung, dapat menjadi penyebab munculnya batuk. Selain itu, batuk umumnya sangat menular dan mudah menyebar, karena saat seseorang batuk, ia akan melepaskan beberapa bakteri dan virus dari dalam tubuhnya melalui droplet yang kemudian bisa menyebar ke orang lain.

Bakteri dan virus ini sangat aktif, saat tersebar, mereka dapat dengan mudah menginfeksi orang lain dengan daya tahan tubuh yang rendah. Anak-anak dan lansia merupakan kelompok yang paling rentan tertular bakteri atau virus, karena sistem kekebalan tubuh yang dimiliki cenderung lebih rendah.

Selain menjaga tubuh tetap sehat, menerapkan kebiasaan hidup sehat dan menggunakan masker sangat penting untuk mencegah penularan virus atau bakteri, terutama di masa pandemi seperti ini. Tak hanya virus Corona baru yang harus diantisipasi, melainkan jenis-jenis virus dan bakteri lainnya yang juga dapat menimbulkan penyakit khususnya batuk.

YesDok Ads

Jika Anda terserang batuk ringan, Anda boleh mencoba pengobatan rumahan untuk membantu meredakannya. Pengobatan alami dengan minyak kelapa dan madu mungkin bisa menjadi salah satu yang dapat membantu Anda terbebas dari batuk.

Minyak kelapa memiliki sifat antioksidan yang kuat, dan madu dikenal karena sifat antimikroba juga antivirusnya. Kombinasi keduanya merupakan satu hal baik yang dinilai dapat menghilangkan batuk dengan cepat.

Saat diserang batuk, cobalah mengonsumsi satu sendok teh campuran madu dan minyak kelapa sebanyak dua kali dalam sehari. Anda juga bisa menambahkan pengobatan alami ini dengan air perasan lemon untuk menambah khasiat dan membuatnya menjadi lebih efektif.

Namun, jika batuk tak kunjung sembuh, segera konsultasikan ke dokter mengenai kondisi tubuh Anda saat ini. Anda bisa memanfaatkan aplikasi YesDok untuk dapat berkonsultasi dengan dokter tanpa harus keluar rumah.

(Foto: health.harvard.edu)

YesDok Ads