0 Point
membersihkan lidah

Rasakan Manfaat Dari Rutin Membersihkan Lidah

Menjaga kebersihan mulut sangat berpengaruh pada kesehatan Anda. Menjaga kebersihan mulut tidak hanya sebatas menggosok gigi saja, tetapi harus diimbangi dengan rutin membersihkan lidah. Karena membersihkan lidah sama pentingnya dalam menjaga dan merawat kebersihan mulut.

Lidah memiliki lipatan kecil dan tonjolan yang dapat menampung sisa makanan, bakteri, dan jamur. Pakar kesehatan menyarankan Anda untuk membersihkan lidah pagi atau sore hari dengan cara berkumur sebelum atau sesudah menggosok gigi dan menggosok lidah dengan alat khusus pembersih lidah. Berikut manfaat yang dapat Anda rasakan jika rutin membersihkan lidah:

Menghilangkan bau mulut

Bau mulut bisa muncul bukan hanya karena tidak rutin menggosok gigi saja. Lidah yang jarang dibersihkan juga dapat memicu timbulnya bau mulut. Dengan rutin membersihkan mulut maka dapat menghilangkan bau mulut.

Mengurangi jumlah plak

Penumpukan plak di lidah bukan hanya disebabkan oleh sisa makanan yang menempel. Plak yang menumpuk di lidah bisa juga karena kebiasaan merokok. Dampak dari menumpuknya plak pada lidah adalah memicu perkembangbiakan mikroorganisme yang dapat menyebabkan bau mulut.

Menjaga sensitivitas lidah

Sensitivitas lidah sangat dipengaruhi oleh makanan yang Anda konsumsi serta bagaimana Anda menjaga kebersihan mulut. Bila Anda rutin membersihkan lidah maka sama saja Anda menjaga sensitivitas lidah. Sensitivitas lidah ini harus terjaga agar tidak mengganggu indera pengecapan Anda.

Mengurangi penumpukan bakteri

Harus diketahui bahwa lidah menjadi tempat berkumpulnya bakteri. Lidah menjadi rumah ternyaman bakteri karena areanya lembab dan paling jarang tersentuh. Dengan membersihkan lidah, berarti Anda mengurangi penumpukan bakteri dan meningkatkan kesehatan lidah. Berkurangnya bakteri pada lidah juga dapat mencegah masalah lain seperti gigi berlubang, penyakit pada gusi, jantung, kanker dan lainnya.

Napas Lebih segar

Seperti disebutkan sebelumnya, rutin membersihkan lidah dapat menghilangkan bau mulut. Hal ini berkaitan pula dengan napas lebih segar bila Anda rajin membersihkan lidah. Bakteri serta plak tidak akan menumpuk dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

(Foto: parenting first cry)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok