Rasa Cemas dan Depresi Bisa Sebabkan Gangguan Jantung

January 29, 2021 | Iman

Rasa cemas

Banyak orang pernah merasa cemas dalam kehidupan sehari-hari, namun rasa cemas itu wajar, bahkan bisa membantu kita untuk memfokuskan perhatian dalam rangka mengatasi kecemasan tersebut. 

Tapi ada kalanya rasa cemas datang berbarengan dengan depresi yang berpotensi menyebabkan gangguan jantung. Inilah yang mesti diwaspadai.

Cemas adalah perasaan gelisah yang membuat hati tidak tenteram, perasaan ini muncul tanpa bisa dikendalikan karena situasi tertentu. Dalam kondisi ekstrem, rasa cemas yang berlebihan dan kerap muncul dapat menimbulkan gangguan serius dalam kehidupan, termasuk gangguan jantung.

Di Amerika Serikat, gangguan kecemasan merupakan masalah mental yang banyak dijumpai pada kalangan orang dewasa. Kasus berkembangnya gangguan kecemasan dan depresi juga tergolong tinggi. 

Menurut National Alliance on Mental Illness, sekitar 60 persen orang dengan gangguan kecemasan menunjukkan gejala depresi. Dalam penelitian, depresi dan gangguan jantung kerap ditemukan pada individu yang sama walau belum jelas benar bagaimana korelasi kedua hal tersebut.

YesDok Ads

Mengapa Cemas Bisa Sebabkan Gangguan Jantung

Ketika orang sering merasa cemas dan berujung pada depresi, muncul reaksi tubuh yang bisa menambah beban pada kerja jantung. Orang yang mengalami depresi cenderung tak lagi memikirkan diri sendiri, termasuk soal kesehatannya. 

Misalnya waktu tidur terganggu, makan tak teratur, serta tidak lagi peduli pada gizi dan kebugaran fisik. Inilah yang pada akhirnya menyebabkan gangguan jantung.

Ada setidaknya dua cara utama untuk mencegah dan mengatasi gangguan kecemasan, yakni terapi dan obat-obatan. Dengan penanganan yang tepat dan memadai, gejala gangguan kecemasan serta depresi bisa berkurang dan bahkan hilang. Dengan demikian, risiko terkena gangguan jantung dapat ditekan.

YesDok Ads