0 Point
Alis

Rambut Alis Rontok, Kenapa?

Banyak faktor yang dapat menyebabkan kerontokan pada rambut alis, termasuk ketidakseimbangan hormon, diet yang tidak tepat, dan beberapa kondisi kulit. Mengetahui penyebab mengapa alis Anda rontok, akan sangat membantu dalam menemukan pengobatan yang terbaik.

Kerontokan pada rambut alis, atau yang dikenal dalam istilah medis hipotrikosis alis atau madarosis alis, dapat menyebabkan seseorang mengalami penipisan rambut pada alis mereka. Ini dapat terjadi pada pria maupun wanita.

Saat mengalami kondisi ini, mungkin akan ada beberapa gejala lain yang juga akan muncul, seperti gatal-gatal, kulit kering, dan rambut rontok atau penipisan rambut pada bagian tubuh lainnya.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab kerontokan pada rambut alis:

Penuaan

Seiring bertambahnya usia, maka penipisan dan kerontokan rambut mungkin akan terlihat, mulai dari rambut yang di kepala, alis, bulu mata, dan rambut di bagian tubuh lainnya. Seiring waktu, beberapa folikel rambut berhenti memproduksi rambut, dan batang rambut menjadi lebih rapuh. Rambut juga mulai kehilangan warnanya, menjadi putih atau abu-abu, yang kita kenal dengan uban. Ini merupakan hal yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Ketidakseimbangan hormon

Ketidakseimbangan hormon tiroid dapat menyebabkan rambut alis rontok. Ada dua jenis ketidakseimbangan hormon tiroid, yakni hipertiroidisme, yakni suatu kondisi di mana tubuh menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid, dan hipotiroidisme, di mana tubuh tidak menghasilkan cukup hormon tiroid.

Kedua jenis ketidakseimbangan hormon tiroid ini dapat menyebabkan kerontokan pada rambut, termasuk alis. Akan tetapi, kerontokan rambut yang terkait dengan ketidakseimbangan hormon tiroid biasanya bersifat sementara, dan rambut akan kembali seperti semula setelah kadar tiroid kembali normal.

Kondisi kulit

Kulit yang sehat penting untuk kesehatan rambut. Ini karena rambut tumbuh langsung dari folikel di kulit. Kondisi kulit tertentu dapat menyebabkan ruam kulit yang gatal dan mengelupas. Seseorang mungkin bisa mengalami kerontokan bulu alis akibat peradangan kulit, kulit kering, dan menggosok atau menggaruk kulit gatal di sekitar alis.

Beberapa kondisi umum yang dapat menyebabkan ruam gatal dan kerontokan pada rambut alis yakni:

  • Dermatitis atopik
  • Psoriasis
  • Dermatitis seboroik

(Foto: ipsy.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok