Diet
+1

Rahasia Diet Tubuh Indah untuk Calon Pengantin Wanita

April 27, 2019 | Dina

Hari pernikahan adalah waktu yang paling di nanti selama hidup. Untuk menyambut titik pencapaian ini, seorang calon pengantin sudah mulai bersiap sejak jauh hari untuk tampil maksimal nanti. Salah satunya adalah mendapatkan tubuh indah dan ideal, agar menawan saat gunakan gaun impian.

Penelitian tersebut dilakukan oleh Universitas Flinders, Australia dan dipublikasikan di jurnal Body Image. Dalam penelitian tersebut ditemukan, bahwa 85 persen wanita menurunkan berat badannya sebelum pernikahan dengan target 9 kilogram.

Semakin dekat dengan hari pernikahan, kadang calon pengantin tidak mau makan karena benar-benar menjaga makan. Namun, sebaiknya jangan sampai menerapkan diet ekstrem, sampai-sampai saat acara pernikahan Anda justru malah terlihat lemas bahkan jatuh sakit.

Sebenarnya, untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat dan aman, Anda harus melakukannya jauh-jauh hari. Tidak ada diet atau cara instan yang dapat membuat berat badan turun drastis.

Pada dasarnya tidak ada patokan seperti apa diet sebelum menikah yang seharusnya. Tentu, apapun diet yang diterapkan dalam masa persiapan sebelum menikah, haruslah diet yang sehat dan aman, dengan mengatur porsi makan sesuai dengan kebutuhan.

Berikut adalah beberapa tips agar behasil mendapatkan tubuh idaman sebelum pernikahan berlangsung:

Minum air

Hindari jus, soda, dan soda diet. Air membantu membersihkan racun tubuh, menghaluskan pencernaan, memperbaiki kulit, meningkatkan kadar energi, dan menjauhkan dari keinginan ngemil. Dianjurkan untuk minum delapan gelas air tiap hari. Anda bisa menambahkan lemon atau limau, jika air biasa saja terasa membosankan.

Makan porsi kecil

YesDok Ads

Bukan menahan untuk tidak makan, tetapi mengurangi porsi Anda saja sudah cukup. Para ahli menyarankan makan empat atau lima makanan kecil dengan porsi sedang sepanjang hari daripada makan dua atau tiga kali. Konsumsi makanan yang tepat saat lapar, tapi segera berhenti ketika perut merasa kenyang.

Hindari makanan berkalori tinggi tetapi rendah zat gizi

Makanan tinggi lemak dan makanan tinggi gula yang ada dalam snack atau camilan biasanya mengandung kalori yang tinggi namun rendah zat gizi maupun serat. Makanan seperti inilah yang justru membuat Anda bukannya tambah langsing justru berat badan semakin meningkat.

Makan buah dan sayur lebih banyak dari biasanya

Buah dan sayur merupakan sumber zat gizi penting bagi tubuh yang rendah kalori sehingga bisa menjaga berat badan kita. Serat dalam sayur dan buah juga akan membuat lebih tahan lapar, alhasil asupan yang masuk pun jadi tidak berlebihan.

Vitamin dan mineral dalam sayur dan buah juga bisa membantu melancarkan metabolisme di dalam tubuh sehingga proses pembakaran kalori bisa terjadi lebih optimal. Bukan hanya membantu melancarkan metabolisme, vitamin dan mineral dalam sayur buah juga memberikan dampak yang lebih untuk kesehatan kulit menjelang hari pernikahan.

Olahraga

Latihan selama 20 menit sehari dapat meningkatkan energi dan memulai metabolisme pada tubuh. Anda dapat melakukan senam aerobik 30 sampai 45 menit atau aktivitas fiisk yang Anda gemari, seperti berlari, bersepeda, berenang. Lakukan tiga atau empat hari dalam seminggu. Pastikan Anda cukup makan sebelum berolahraga dan mengisi kembali energi dengan banyak air sebelum dan sesudah olahraga.

(foto: pexels)

YesDok Ads